9 MAHASISWA FIK MASUK SELEKSI TIMNAS RUGBY INDONESIA UNTUK ASIAN GAMES 2018

Dalam rangka menuju Asian Games Jakarta- Palembang 2018,  Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) menggelar Kejurnas Rugbi 7s di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta. Kejuaraan yang dihelat Rabu- Kamis,(25- 26) Oktober 2017 tersebut sekaligus menjadi ajang test event dan seleksi tim nasional rugbi Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018. Pada kesempatan itu, 9 pemain rugby UNY yang seluruhnya merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan berhasil terpilih menjadi squad merah putih. Kesembilan mahasiswa tersebut terbagi menjadi Timnas Putra yaitu Yusuf Satria Nugroho (PKO), Handika Hadi Wibowo (PJKR),  M. Danial Al Fikri (Ikor), Dionysius Oktavian Andi (PGSD Penjas) sementara Timnas Putri yaitu Tri Sukma Nuraina dan Tety Nur Fitriana Elsa (PKO), Dian Wahyu Saputri dan Fevi Susanti (PGSD Penjas), serta Qurrot'ayun (PJKR).

Abdul Mahfudin Alim, M.Pd., dosen FIK UNY dan juga merupakan Ketua Umum PRUI DIY menyatakan bahwa walaupun DIY sendiri termasuk baru dan pada hasil Kejurnas Rugbi 7s berada pada posisi 5 dari 11 provinsi, tetapi apabila dilihat dari jumlah pemain yang masuk dalam daftar Tim nasasional, tim DIY berada pada urutan ke-3 terbanyak yang lolos seleksi setelah DKI dan Papua yaitu berjumlah 9 orang yang terdiri ari 4 pemain putra dan 5 Putri.

Nantinya, akan ada tes tahap kedua yang akan diaksanakan pada awal Januari 2018. Dari 24 orang pemain 6 orang akan di kembalikan ke daerah masing-masing sehingga hanya 18 orang pemain yang akan mengikuti Training Camp Timnas Rugby Indonesia.  Oleh karena itu Abdul Mahfudin yang juga pelatih Rugby DIY akan langsung menyiapakan program pada masa transisi dengan latihan ringan dan dilanjutkan dengan program lanjutan untuk mempersiapkan 9 orang pemain supaya bisa masuk ke dalam daftar 18 pemain yang akan berlaga di Asian Games tahun depan. (SP27)