Asesmen Lapangan S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK

Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga melaksanakan Asesmen Lapangan daring pada 11-12 Agustus 2021. Asesmen Lapangan daring adalah proses pelaksanaan penilaian akreditasi progam studi atau perguruan tinggi yang dilakukan secara daring. Dalam keadaan normal, kegiatan asesmen lapangan dilakukan oleh asesor dengan mengunjungi lokasi Perguruan Tinggi dengan jadwal dan agenda kegiatan sesuai dengan ketentuan instrumen akreditasi yang digunakan.

Dikarenakan Pandemi Covid-19 masih belum mereda kondisinya dan diikuti dengan kebijakan physical distancing dalam rangka pencegahan penyebaran COVID–19, maka kegiatan Asesmen Lapangan (AL) tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Sehubungan dengan itu, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN–PT) akreditasi yang dilaksanakan di FIK UNY dilaksanakan secara daring.

Hadir sebagai Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dalam Asesment Lapangan secara daring adalah Dr. Yudy Hendrayana, M.Kes. Dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd. dari Universitas Negeri Medan.

Asesmen Lapangan oleh Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga ini diketuai oleh Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. yang juga menjabat sebagai Koordinator Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan dibantu tim dari Dosen PKO.

Acara penting ini juga dihadiri para pejabat Universitas, diantaranya Rektor UNY, para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris LPMPP, Kepala Biro, selain itu dari FIK dihadiri Dekan, para Wakil Dekan, Kajur dan Sekjur Ilmu Keolahragaan, Koordinator Prodi S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Ketua dan sekretaris Penjaminan Mutu Fakultas, Staff Ahli, para Dosen PKO, dan juga perwakilan Mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan, disamping itu, pada hari kedua akan dihadirkan Ketua Laboratorium, pemerintah swasta dan orang tua mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. merasa bersyukur atas kehadiran dua Asesor secara daring yang sekaligus tetap menjaga silaturahim antara UNY, UPI dan UNIMED juga berharap adanya arahan untuk memajukan tata kelola khususnya Prodi S2 PKO. Setelah dibukanya S2 PKO di UNY, animo dari para alumnus sangat banyak, diantaranya adalah atlet mantan U19. Jurusan Pendidikan Kepelatihan juga sudah mulai lengkap dengan adanya Prodi D4 dan S2. Selain itu, di Prodi S1 PKO selain terdapat kelas paralel, adapula kelas beasiswa unggul. Dalam penutupnya, Rektor UNY juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada para dosen yang telah bekerja keras untuk berkomitmen tetap mengawal lembaga ini menjadi lembaga yang kredibel dan berkualitas. (PD)