Atraksi Jathilan Semarakkan Baksos

Jathilan dari desa Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo menjadi sajian pembuka saat tim bakti  sosial yang merupakan gabungan dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Teknis Universitas Negeri Yogyakarta (FIK dan FT UNY) tiba di lokasi baksti sosial. Walaupun para pemain jathilan ini tidak tergolong berusia muda lagi, namun gerakan mereka bisa dibilang sangat luwes mengikuti irama gendang.
Ada yang berbeda dari kegiatan baksos yang telah menjadi agenda rutin tiap tahun saat merayakan Dies Natalis UNY. Pada dies emas ini, baksos dilaksanakan secara serempak di lima kota/kabupaten di DIY. Rombongan dipimpin oleh Wakil Rektor II UNY, Dr. Moch Alip, MA dengan didampingi Dekan FIK UNY, Drs. Rumpis Agus Sudarko, MS dan Dekan FT, Dr. Moh Broery Triyono menyerahkan bantuan secara simbolis kepada lurah Jatimulyo, Anom Sucondro. Lebih lanjut Anom berharap agar bantuan yang diserahkan kepada masyarakat bermanfaat dan apabila ada sesuatu hal sekiranya dapat disampaikan kepada pihak UNY.
Materi kegiatan baksos, meliputi: pemberian bantuan sembako, bazar pakaian pantas pakai (dan hasilnya diserahkan kepada Ketua PKK Desa Jatimulyo), Pemeriksaan Kesehatan Gratis dengan menghadirkan tiga orang dokter dari UNY dan dua dokter dari daerah setempat, penyerahan alat tulis kepada anak-anak sekolah, dan diakhiri penanaman pohon. Guest lecture dari Kasetsart University Thailand, Dr. Achara Soachalerm dan dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malysia, Dr. Gunathevan A/L Elumalai juga ikut menyerahkan bantuan kepada Kepala Desa. Sepanjang acara berlangsung, atraksi jathilan ditampilkan secara terus menerus hingga peserta baksos dari UNY berpamitan pulang.(rew)