Berkurban dalam Pandemi di Perayaan Idul Adha

Ritual Kurban pada perayaan Idul Adha, memiliki makna simbolik, dimaksudkan bahwa dengan berkurban, umat muslim menunjukkan kesediaan untuk menyerahkan harta paling berharga demi Allah SWT.

Kegiatan berkurban dilaksanakan setiap tahun di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta. Namun berbeda dari tahun sebelumnya, meskipun dalam masa Pandemi, tahun 2020 kemaren, Kurban masih dilaksanakan secara penuh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Namun tahun 2021 ini, kegiatan kurban di FIK UNY sedikit berbeda, hewan kurban tidak disembelih seperti biasa di FIK, namun dibawa ke tempat pemotongan hewan supaya menghindari adanya kerumunan. Setelah dari pemotongan hewan, hewan kurban dipisahkan antara jeroan, tulang dan dagingnya, barulah kemudian dibawa ke FIK UNY untuk selanjutnya ditimbang dan dibagi sesuai berat dan jumlah yang telah ditetapkan.

Pembagian dan pendistribusian hewan kurban dilaksanakan di tempat terbuka, yaitu bertempat di Sebelah utara GOR UNY, selain luas dan rindang, tempat ini representatif disaat Pandemi ini.

Penerima hewan kurban selain sohibul kurban sendiri, adalah seluruh warga FIK UNY yang terdiri dari Dosen dan karyawan, ditambah beberapa mahasiswa yang memang berada di lingkungan Asrama Mahasiswa FIK UNY. (PD)