COVID-19 SEBAGAI TEMA UTAMA WEBINAR FIK UNY – UNIVERSITI MALAYA

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY, jurusan Ilmu Keolahragaan bekerja sama dengan Pusat Sukan dan Sains Eksesais University Malaya mengadakan Webinar dengan tajuk “Efek Covid-19 pada Ilmu Keolahragaan dan Manajemen Olahraga UM-UNY”, acara yang dilakukan secara daring ini menggunakan platform Zoom dan diselenggarakan pada Kamis (25/3). Sebanyak 900an pendaftar, baik dari Indonesia, Malaysia, bahkan ada pula China, Iran dan Pakistan.

Acara yang dimulai pukul 09.00WIB atau pukul 10.00 waktu Malaysia ini berjalan dengan baik dan lancar, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan masing-masing negara, yaitu Indonesia Raya dan Negaraku dan dilanjutkan dengan sambutan dari plt. Dekan FIK UNY. Dalam sambutannya, plt Dekan FIK UNY, Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. menyambut baik acara ini, beliau juga menambahkan bahwa FIK UNY merasa bangga bisa berkolaborasi dengan UM yang adalah 100 Universitas terbaik dunia, semoga ini bisa menambah wawasan dunia Olahraga bagi mahasiswa, dosen, alumni, praktisi olahraga maupun khalayak umum dan berharap setelah keadaan normal kembali, acara ini dapat dilaksanakan tidak hanya virtual, namun dengan tatap muka.

Lima sesi tersaji dengan sangat baik dan semua berjalan lancar sesuai timeline acara, hal ini tidak lepas dari kolaborasi yang baik antara FIK UNY dan UM, hampir 2 bulan mempersiapkan acara ini, dan akhirnya semua berjalan dengan baik.

Pembicara dari Universiti Malaya adalah Prof. Madya Abdul Halim bin Mokhtar, beliau adalah pengarah Pusat Sukan dan Sains Eksesais Universiti Malaya, dan juga pensyarah atau dosen di Fakulti Perubatan dan bidang kepakaran beliau adalah perubatan sukan atau sports medicine. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Halim mengemukakan tema Pengaruh Covid-19 secara global dan Lokal di Malaysia.

Dr. Sareena Hanim binti Hamzah adalah pembicara lain dari UM, beliau adalah Timbalan Pengarah (Penyelidikan dan Pembangunan), Pusat Sukan dan Sains Eksesais Universiti Malaya. Bidang kepakaran beliau adalah nutrition for health, fitness and sport performance. Dalam Webinar tersebut, Dr. Sareena membicarakan tentang Pengaruh Covid-19 terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Universitas.

Pembicara dari FIK UNY yaitu Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. mengemukakan tema Arah Tujuan Ilmu Keolahragaan dan Manajemen Olahraga, Prof. Dr. Sumaryanti, M.S. membicarakan tentang Pengaruh Covid-19 terhadap Aktivitas Internasionalisasi Mahasiswa dan Prof. Dr. dr. BM Wara Kushartanti, M.S. membahas tentang Pengaruh Covid-19 secara lokal di Indonesia. (PD)