Dekan FIK UNY Buka Pelatihan Wasit dan Juri untuk Pemahaman Bahasa Inggris Tahun 2012

Dekan FIK UNY, Drs. Rumpis Agus Sudarko, MS membuka kegiatan Pelatihan Waist dan Juri untuk Pemahaman Berbahasa Inggris Tahun 2012 bertempat di hotel Puri Artha Yogyakarta (6/11).

Kegiatan yang digawangi Kemenpora bertujuan untuk menyamakan perpepsi antar wasit untuk mendukung kelancaran suatu pertandingan. “Beberapa bahasa yang digunakan ada yang menggunakan bahasa isyarat namun banyak pula yang menggunakan Bahasa Inggris. Untuk itu perlu diperjelas dan disamakan persepsi tersebut, yang nantinya akan dibimbing oleh para Pakarnya,” jelas Ketua Panitia, Drs. Daral Fauzi, M.Pd.

Senada, Rumpis menegaskan bahwa komunikasi yang baik sangat penting, utamanya dalam berlatih berbahasa Inggris, maka praktik akan mendukung kelancaran berbahasa. “ Walaupun Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional, akan tetapi apabila tiada pemahaman maka akan menjadi masalah sosial. Semisal saat seseorang berkata `terus berhenti`, akan ada dua makna. Makna pertama artinya langsung berhenti seketika, makna kedua berjalan dahulu baru berhenti sesudahnya.`  Lanjutnya, Yogyakarta akan sangat mendukung praktik peserta Berbahasa Inggris mengingat kawasan wisata malioboro sangat kondusif untuk berlatih. (rew)