DIES NATALIS KE-60 FIK UNY: FIK UNY MEMBANGUN INSAN OLAHRAGA YANG “SIAP” (SPORTIF, INOVATIF, ADAPTIF DAN PROFESIONAL

Dies Natalis merupakan media untuk melakukan refleksi pada apa yang telah dilakukan dan apa yang kami usulkan untuk dilakukan pada masa yang akan datang menuju tercapainya Visi dan Misi FIK UNY
Demikian Dekan FIK UNY periode 2003-2007 dan 2007-2011, Sumaryanto, M.Kes mengawali pidato Laporan Tahunan Dekan dalam acara Dies Natalis ke-60 FIK UNY bertempat di Ruang Sidang Utama FIK UNY.

“Beberapa peristiwa berkesan selama menjalankan tugas sebagi dekan dengan didukung oleh keluarga besar FIKserta mitra kerja diantaranya dalah: 1) Saat presiden RI beserta ibu, beberapa menteri kabinet, dan gubernur DIY beserta ibu menghadiri peresmian GOR UNY dan lintasan atletik dan lapangan sepakbola FIK UNY pada hari Selasa 22 Januari 2008, 2) Menyaksikan Nursita Utami terpilih sebagai juara satu mahasiswa berprestasi UNY tahun 2010, 3) Melayani korban gempa bumi di Yogyakarta pada bulan Mei tahun 2006 dan Gunung Merapi pada bulan November tahun 2010, 4) UNY menjuarai kejuaraan tenis antar PT se Indonesia (LPTK cup) tiga kali berturut turut tahun 2007 di Undiksha tahun 2009 di UNG dan tahun 2011 di Unima. 5) Kebersamaan dan kekeluargaan dengan dosen, pegawai administrasi dan mahasiswa FIK”, kisah Sumaryanto.
Sementara itu, orasi ilmuah disampaikan oleh Prof.  (Em.) Dr. Harsuki, MA Guru Besar Emiritus pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta dengan kata kunci Sportif, Inovatif, Adaptif, dan Profesional.
“Tugas FIK pada umumnya sebagai lembaga tinggi pendidikan adalah memperjuangkan, memelihara, mengembangkan olahraga sebagai disiplin akademik. Sportif dimaknai sebagi fair play. Inovatif merupakan pembaharuan atau perubahan secara baru. Adaptif merupakan tindakan untuk penyesuaian atau membuat nyaman, dan Profesional dimaknai mampu beradaptasi baik secara biologis maupun sosiologis. (ratnae)