FIK UNY CANANGKAN AGENDA KEGIATAN DIES NATALIS KE- 65

Sebagai wujud syukur atas karunia Tuhan YME, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta peringati hari jadinya yang ke- 65 tahun ini. Secara historis, perjalanan FIK UNY dimulai dari Keputusan Menteri PD & K nomor 6216/B Tanggal 9 Agustus 1950 tentang pendirian Akademi Pendidikan Djasmani (APD) dan kemudian menjadi Jurusan Pendidikan Jasmani dari bagian Pedagogik pada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 1 Oktober 1951. Setelah itu, pada Tanggal 19 September 1955, Bagian Pedagogik Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat UGM berubah menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) hingga kemudian pada Tanggal 1 September 1962 menjadi Jurusan Pendidikan Jasmani FKIP UGM berkembang menjadi Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD) UGM, Fakultas Pendidikan Djasmani UGM berkembang menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Yogyakarta. Tanggal 22 Februari 1977, STO Yogyakarta berintegrasi dengan IKIP Yogyakarta menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan IKIP Yogyakarta dan menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Seiring dengan perluasaan mandat IKIP menjadi Universitas, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan sebagai bagian dari IKIP Yogyakarta berganti nama menjadi Fakultas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY)pada tahun 1998.

Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. secara simbolis menandai dibukanya agenda perayaan Dies Natalis ke- 65 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan memukul 3 bola tenis pada 30 September 2016. Rangkaian kegiatan Dies Natalis FIK UNY tahun ini diawali dengan lomba Sportivo Junior High School Futsal (SJF) 2016 yaitu kejuaraan futsal sekolah menengah pertama tingkat DIY pada 26- 30 September, Pencanangan Dies Natalis dan dilanjutkan senam bersama pada 30 September, Upacara Dies Natalis ke 65 FIK UNY pada 1 Oktober, Pertandingan Sepakbola persahabatan segitiga antara dosen karyawan FIK, alumni PS UNY, dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (MGMP PJOK) Kabupaten Kulon Progo, festival Dolanan Anak Tradisional pada 20 Oktober, dan Seminar Keolahragaan Nasional yang akan dilaksanakan pada 30 Oktober 2016. Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. merasa senang atas pencapaian FIK saat ini dan mengucapkan syukur terima kasih kehadirat Tuhan YME, Allah SWT atas karunia- Nya dan kinerja dari para pimpinan terdahulu serta seluruh komponen civitas akademika Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY. Lebih lanjut, Dekan FIK juga berharap dengan usia FIK UNY yang memasuki 65 tahun, FIK UNY menjadi semakin "AKTIV" sesuai dengan penjabaran Akhlak mulia, Kolaboratif, Toleran, Inovatif, dan Visioner dalam menghasilkan insan keolahragaan dan mengembangkan olahraga di Indonesia pada umumnya.

Acara pencanangan Dies Natalis ke-65 FIK UNY dihadiri sekitar 900 peserta yang terdiri dari dosen, staf administrasi dan unit di FIK, mahasiswa, dan mitra kerja FIK UNY dan dilaksanakan di halaman depan Gedung Pusat Layanan Akademik FIK UNY. Pencanangan Dies Natalis ke 65 FIK UNY turut disemarakkan dengan pengundian berbagai hadiah doorprize berupa 2 unit sepeda gunung, 2 unit televisi LED, serta ratusan hadiah menarik lainnya. Senam bersama yang dipandu oleh instruktur senam mahasiswa FIK UNY semakin memeriahkan rangkaian pencanangan Dies Natalis ke 65 FIK UNY. Selain itu, dalam acara tersebut juga diselenggarakan lomba band akustik oleh Kemahasiswaan FIK UNY. (SP27)