MAHASISWA BARU FIK UNY ANGKATAN 2016 IKUTI PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MALAM KEAKRABAN

Diikuti sekitar 500-an mahasiswa baru Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Pelatihan Kepemimpinan dan Malam Keakraban berlangsung meriah dan seluruh peserta tampak gembira mengikuti setiap sesi yang telah disiapkan oleh masing- masing Himpunan Mahasiswa (Hima) setiap program studi yang ada di FIK UNY. Pelatihan 'Leadership' dan Keakraban mahasiswa baru dilaksanakan di empat tempat berbeda yaitu di Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman untuk mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, di Wisma Kepodang Kaliurang bagi mahasiswa baru Program Studi Ilmu Keolahragaan, sementara mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga bertempat di Desa Wisata Pancoh, Gorokerto, Turi, Sleman, dan bertempat di Wisma Dharmais, Pengasih, Kulon Progo bagi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani. Kegiatan pelatihan tersebut merupakan rangkaian kegiatan pengenalan kampus dan suasana akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY setelah Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) dan ICT, mahasiswa baru FIK UNY angkatan 2016. Pelatihan 'Leadership' dan Keakraban diadakan pada hari Jumat dan Sabtu, 7 hingga 8 Oktober 2016.

"Kegiatan Pelatihan Leadership dan Keakraban bagi para mahasiswa baru memberi kesempatan untuk lebih mengenal program studi pilihan anda", demikian disampaikan Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. dalam sambutan dan pembukaan pelatihan tersebut. Lebih dari itu, Dekan FIK UNY berharap agar kegiatan Pelatihan 'Leadership' dan Keakraban semakin mendukung visi UNY dalam 'Leading in Character Education' karena salah satu komponen kepribadian yang sangat penting dimiliki oleh lulusan UNY adalah kejujuran, karena untuk menjadi seorang 'Leader' yang hebat, di antaranya harus memiliki kejujuran. Diharapkan dengan adanya Pelatihan 'Leadership' dan Keakraban bagi mahasiswa baru FIK UNY akan semakin menanamkan nilai- nilai karakter mulia bagi mahasiswa FIK UNY, karena, selain ranah kognitif yang mencakup mental (otak), ranah psikomotor yang mencakup keterampilan atau kemampuan bertindak, mahasiswa FIK UNY harus memiliki aspek afektif di mana di dalamnya berkaitan dengan sikap dan nilai, tambah Dekan FIK.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIK UNY, Rahadian Eko Yudistiro menyatakan bahwa kegiatan Pelatihan 'Leadership' dan Keakraban merupakan sarana mengenalkan keprodian dan saling mengenal antar mahasiswa baru FIK UNY agar semakin memperkuat solidaritas antar mahasiswa FIK UNY. Lebih dari itu, kegiatan tersebut juga digunakan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan "kepemimpinan" dan juga kemampuan 'softskills' yang lain. Di akhir sambutannya, Ketua BEM FIK yang sering disapa "Tiro" tersebut menyatakan tidak akan ada 'perpeloncoan' dalam Pelatihan 'Leadership' dan Keakraban bagi mahasiswa baru FIK UNY. (SP27)