MAHASISWI UNIVERSITY OF MALAYA PUAS BELAJAR DI FIK UNY

Setelah menyelesaikan Internship Program Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY dengan Universiti of Malaya (UM), Cecelia Roannie, mahasiswi Sport Exercise Faculty of Sport Center University of Malaya, Malaysia, mendapatkan bekal wawasan dan pengetahuan yang lebih di FIK UNY terutama dalam Physical Theraphy Massage. Lebih lanjut Cecelia mengaku banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman yang 'totally new' selama mengikuti Internship Program sejak 5 September 2016 hingga 12 Februari 2017. Menurutnya, saat ini di Malaysia yang sering ditemukan adalah Fisioterapi, bukan seperti masase yang ia dapatkan di FIK UNY. Selama mengikuti magang di FIK UNY, Cecelia di bawah bimbingan Dr. Ali Satia Graha, M.Kes. AIFO dalam mendapatkan pembekalan teori dan praktek di Klinik Terapi Fisik FIK UNY. Selain itu, menjadi bagian dari FIK UNY juga memberikan tambahan ilmu terkait bagaimana berinteraksi, melayani, dan menjelaskan suatu hal dengan orang lain, ungkapnya.

Lebih dari itu, Cecelia menilai sistem perkuliahan di FIK UNY sangat baik. Hal tersebut dicontohkan dengan setiap mahasiswa harus lulus keterampilan olahraga dasar tertentu untuk dapat menempuh gelar kesarjanaanya. Mahasiswa FIK UNY mendapatkan dukungan sumber daya dosen dan 'Sport Facilities' yang sangat lengkap sehingga memudahkan dalam mendapatkan prestasi yang lebih baik. Pelayanan terhadap mahasiswa reguler dan mahasiswa asing di UNY juga sangat bagus, imbuhnya.

Sementara itu, menurut Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed., selain kolaborasi dalam penelitian, program magang maupun Praktek Kerja Lapangan (PKL)internasional menjadi bagian dari internasionalisasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Ke depan, akan lebih banyak mengirimkan maupun menerima mahasiswa dari kawasan ASEAN dan ASIA untuk saling bertukar pengalaman dan ilmu keolahragaan. (SP27)