MIYA KURNIAWATI, MERAIH BRONZE MEDAL PADA AJANG INTERNASIONAL INVENTION & INNOVATIVE COMPETITION (INIIC) 2019

Mahasiswa FIK UNY prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNY berhasil menyabet medali Perunggu pada perhelatan Internasional Invention & Innovative Competition (INIIC Series 2 tahun 2019) pada Sabtu, 2 November 2019 di Palace of the Horse Selangor, Malaysia.

Lomba reka cipta dan kompetisi inovasi yang diadakan secara Internasional ini mencari inovasi terbaru yang rendah biaya dan bersolusi praktis terkait aksesibilitas dalam suatu masyarakat. Miya dan tim-nya berhasil maju dengan bimbingan dari Dr. Pujianto, M.Pd., beliau adalah dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Miya Kurniawati yang diketuai Asmi Aris (P. Kimia - FMIPA, 2017), beranggotakan Miya Kurniawati (PKO - FIK, 2018) sendiri dan Satria Rizki Ananda (Tek. Elektro - FT, 2017), Astuti Naviah Apriliani (P. Kimia - FMIPA, 2017) juga Anida Ayu Kintana (B. Jerman - FBS, 2017). Mereka berlima mengirimkan inovasinya berjudul "Development of Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) with Antosianin Sensitizer of Siwalan Skin (Borassus flabellifer)".

Mereka ingin mengembangkan energi terbarukan menggunakan bahan pewarna konvensional. Dengan menggunakan ekstrak kulit siwalan sebagai zat pewarna dalam pembuatan sel surya peka warna atau Dye-Sensitized Sollar Cel (DSSC). Karena pewarna alami saat ini banyak digunakan sebagai pewarna pada sel surya tipe DSSC. Penelitian ini diharapkan menghasilkan efisiensi yang baik dan dapat digunakan sebagai sumber energi listrik alternatif di masa depan. (PD)