PARTISIPASI MAHASISWA FIK UNY DALAM PAMERAN WIRAUSAHA DAN INOVASI LPPM UNY

Selain mendapatkan bekal ilmu dan pengertahuan di dalam kelas, mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dididik untuk menguasai kemampuan di luar kelas seperti kemampuan berwirausaha, kemampuan berorganisasi, kemampuan berbahasa asing, kemampuan dalam jurnalistik, dan sebagainya. Salah satu bentuk dukungan terhadap dorongan untuk memiliki kemampuan atau kompetensi di luar kelas dalam kewirausahaan adalah dengan memfasilitasi partisipasi pameran wirausaha, inovasi, dan penelitian mahasiswa yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta. Pada pameran yang diselenggarakan pada Selasa dan Rabu, 26- 27 April 2016 tersebut, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta mengirimkan beberapa kelompok mahasiswa untuk mengisi beberapa stan yang disediakan panitia yaitu stan inovasi menampilkan bola reaksi di mana bola tersebut digunakan untuk melatih reaksi koordinasi mata, tangan, dan kaki. "Koordinasi mata, tangan, dan kaki tidak hanya dibutuhkan para atlet saja, melainkan masyarakat pada umumnya untuk beraktivitas sehari- hari dengan baik", ujar Fajar Setyo Pranyoto, koordinator stan bola reaksi. Sementara itu, Arbain, mahasiswa Prodi PGSD Penjas selaku koordinator stan "Bakso Kaget" mengaku senang dengan kegiatan tersebut dan menceritakan bahwa bakso, lotek, gado- gado, dan jus ludes habis di hari terakhir pameran.

Selain itu, beberapa stan lain yang turut meramaikan pameran tersebut adalah stan "Come on Jimmy!" yang merupakan stan yang menjual merchandise FIK UNY berupa kaos, jaket, sweater, dan apparel yang lain. Untuk stan pakaian olahraga, mahasiswa hadir dengan 'Sport Shop' yang berjualan pakaian dan peralatan olahraga. Sementara itu, stan wirausaha mahasiswa FIK yang lain yaitu berupa stan kuliner Bakso Kaget yang menjual bakso dengan isi bermacam- macam dari daging, keju, hingga jamur, sehingga diberi nama 'kaget' karena pengunjung bisa kaget menikmati isi bakso yang beraneka macam. Dua stan yang lain adalah stan warung jualan lotek dan gado- gado dan stan juice.
Pimpinan FIK UNY, melalui Drs. R. Sunardianta, M.Kes. selaku Wakil Dekan II sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan mahasiswa FIK dalam menggali pengalaman dan wawasan dalam berwirausaha. Selain itu, pengalaman di luar kelas juga memberikan tambahan modal pengalaman sebelum terjun di dunia kerja, ujar Sunardianta. Pameran tersebut FIK UNY mengirimkan (SP27).