PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA

Untuk mencapai prestasi baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional perlu adanya usaha dan kerja keras. Oleh karena itu dalam mencapai prestasi diperlukan pembinaan sedini mugkin dari tingkat dasar sampai dengan tingkat atas. Perguruan tinggi sebagai lembaga yang mempunyai insan-insan yang berpotensi merupakan sasaran yang tepat mewujudkan prestasi tersebut.
Demikian Wardasih Nugraeni, Ketua panitia Pelaksanana Pekan Olahraga Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (PORMA FIK UNY 2010) menyampaikan dalam laporan pembukaan kegiatan. PORMA terdiri dari beberapa jenis event olahraga dapat dijadikan sebagai wahana tindak lanjut pembinaan olahraga yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta serta sebagai dukungan pembinaan olahraga nasional. Kegiatan tersebut juga dapat dijadikan sebagai motivasi bagi mahasiswa dalam bersaing di bidang olahraga dengan tetap menjaga fair ply dalam setiap pertandingan yang diikuti.

Pekan Olahraga Mahasiwa FIK UNY 2010 dengan tema Tunjukkan Prestasimu melalui sportivitas (2-17) April 2010, dibuka rektor UNY, Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA (2/4), menampilkan cabang olahraga: Futsal (putra dan putri), Voli (putra dan putri), Lari sprint (putra dan putri), serta sepakbola (putra). Dalam sambutannya rektor menyampaikan beberapa aspek, diantaranya: 1) Spiritualisme dengan diberikan kondisi fisik yang sehat, 2) Aspek Olahraga, bahwa kebutuhan olahraga tidak hanya di kelas tetapi juga di lapangan. Semoga mahasiswa yang menggeluti bidang ini dapat menjadi profesional muda dalam bidang olahraga, 3) Aspek profesional, dengan olahraga kita tegakkan sportivitas serta kita tunjukkan bagaimana kita meraih dalam olahraga hal yang jauh lebih penting. Lanjutnya, “Ada lima aspek penting, yaitu meraih setingginya, secepatnya, seberatnya, sekompaknya, sehebatnya sehingga prestasi akan mudah untuk diraih. Karena permainan yang butuh kekompakan membutuhkan partisipasi dan sportivitas. Sedangkan 4) Aspek leadhership, hendaknya dapat mengorganisir pertandingan ini dengan rapi dan tak kalah penting 5) Aspek sosial, dengan mempererat tali silaturahmi antar jurusan, fakultas, dalam bidang olahraga. Oleh karena itu kami beri apresiasi pada mahasiswa seni, akademik, keilmuan, dan olahraga”.