PEMBINAAN DAN BIMBINGAN MAHASISWA "TIMNAS U-19" OLEH REKTOR UNY

Sebagai apresiasi pembinaan atlet muda nasional di Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta berkomitmen untuk membantu mengembangkan potensi atlet baik di lapangan maupun di luar lapangan. Salah satu wujud komtimen tersebut dengan diadakannya kelas khusus bagi para pemain tim nasional (Timnas) sepakbola usia 19 tahun pada Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO). Para mahasiswa yang tergabung dalam kelas PKO D tersebut sudah menempuh rata- rata di atas 30 sks. Keseluruhan kelas tersebut berjumlah 20 mahasiswa, namun dalam perjalanannya masih tersisa 14 mahasiswa yang aktif.

Pada Jumat, 29 Januari 2016, bertempat di Ruang RKU, sejumlah 13 yang kini bergabung dengan klub- klub sepakbola profesional di Indonesia tersebut diundang Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. Pertemuan di sela- sela persiapan Konferensi Nasional Forum Rektor Indonesia tersebut merupakan monitoring dan evaluasi perkuliahan kelas khusus para pemain tim nasional sepakbola oleh pimpinan universitas dan fakultas. Didampingi Dekan, Wakil Dekan I, II, dan III, dan Ketua Program Studi PKO Fakultas Ilmu Keolahragaan, Rektor UNY mengaku bahagia dan bangga bisa membina potensi para atlet muda nasional yang dalam hal ini para pesepakbola muda profesional agar memiliki kompetensi intelektual di sela kesibukannya berlatih di lapangan. Rektor UNY mengaku bahwa ide untuk membina atlet muda datang dari pengalamannya studi di Amerika Serikat di mana pembinaan atlet telah dikawal sejak masa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga atlet tidak hanya hebat di lapangan tetapi juga cerdas dalam pemikiran. Selain itu, Rektor UNY berpesan agar para mahasiswa harus memiliki manajemen waktu yang baik yaitu secara akademis dan latihannya sebagai atlet nasional.

Di akhir sambutannya, Rektor UNY tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih dengan para pimpinan Fakultas Ilmu Keolahragaan, baik pimpinan terdahulu maupun pimpinan yang sekarang.
Sementara itu, Dinan Yahdian Javier, selaku ketua kelas PKO D mewakili para pemain Timnas sepakbola U-19 mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kesempatan dan totalitas dalam membantu memfasiltasi studi di UNY. Dinan yang saat ini bergabung dengan klum Mitra Kukar itu sangat berterima kasih atas dukungan dan bantuannya dalam proses perkuliahan selama ini dan berharap agar semua mahasiswa timnas U-19 lulus dengan baik di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.(SP27)