PERLUNYA KREATIFITAS MAHASISWA DALAM ERA GENERASI MILENIAL

Dalam Era Digital dan Industri 4.0 saat ini, mahasiswa didorong untuk selalu bisa berkreatifitas dan mengembangkan banyak ide-ide baru. Salah satu kegiatan yang menunjang keberhasilan supaya mahasiswa lebih berpikir kritis dan kreatif adalah dengan mengadakan Pelatihan Pembuatan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa atau yang disingkat PKM. Kegiatan ini dilaksanakan Jum’at 18 Oktober 2019 di Ruang Sidang Utama GPLA Lantai III FIK UNY. Dihadiri oleh 150 mahasiswa yang terdiri dari 100 Mahasiswa PPA, 30 Mahasiswa UKMF Penelitian dan 20 Mahasiswa Bidik Misi.

Dekan FIK UNY, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas proposal PKM yang akan dihasilkan mahasiswa FIK UNY. Jika dukungan ini sudah didapat dari Fakultas, maka diharapkan mahasiswa FIK UNY bersemangat dan bisa menghasilkan PKM-PKM yang memenuhi syarat.

Dengan pembicara Sukinah, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Pujianto, M.Pd., mahasiswa diajarkan bagaimana proses pembuatan PKM dari awal hingga diharapkan bisa lolos menuju PIMNAS. Tips dan trik juga bagaimana pengajuan proposal dengan benar turut diberikan dalam pelatihan tersebut. Bahkan bagaimana memunculkan ide awal hingga membangun ide tersebut menjadi impian yang berwujud juga disampaikan oleh Dr. Pujianto.

Setelah dari Pelatihan ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat, namun juga bisa berkolaborasi dengan berbagai bidang ilmu dan  menghasilkan Proposal PKM yang qualified, sehingga bisa terdanai DIKTI dan diimplementasikan dalam dunia nyata. Kemudian jika layak dan lolos seleksi, akan diikutsertkan dalam ajang bergengsi, yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang rutin diadakan setiap tahunnya. (PD)