PERTEMUAN TRI EKS STO SEBAGAI WAHANA SILATURAHMI

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret setiap tahunnya menggelar pertemuan yang diberi tajuk Tri Eks STO yang merupakan kepanjangan dari 'Eks' (mantan) STO (Sekolah Tinggi Olahraga) Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang). Sebelum menjadi fakultas maupun program studi keolahragaan seperti saat ini, FIK UNY, FIK Unnes, dan JPOK UNS merupakan Sekolah Tinggi Olahraga. Tahun ini, FIK UNY menjadi tuan rumah Tri Eks STO yang diisi dengan kegiatan pertemuan antar pimpinan, pertemuan antar organisasi mahasiswa, dan beberapa pertandingan olahraga persahabatan seperti tenis lapangan untuk mahasiswa, bolavoli untuk dosen, futsal mahasiswa putri, dan kasti bagi darmawanita ketiga perguruan tinggi tersebut. 

Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed., dalam sambutannya di GOR UNY menyatakan bahwa Pertemuan Tri Eks STO sebagai sarana silaturahmi/ persaudaraan antar institusi perguruan tinggi keolragaam Joglosemar yang telah lama dirintis. Selain itu, pada kesempatan pertemuan tahunan Tri Eks STO ini para pimpinan dari dekan hingga ketua program studi turut membahas perkembangan terkini ilmu keolahragaan dan juga membahas beberapa perubahan nama program studi sesuai surat keputusan Menristekdikti terbaru, imbuh Dekan FIK UNY. Di akhir sambutannya, Dekan FIK mengucapkan terima kasih kepada para senior perintis FIK terdahulu terutama dari UNY yang turut hadir seperti Prof. Arma Abdullah dan Prof. Jumhan Pida.  

Sementara itu, hal senada disampaikan Dekan FIK Unnes, Prof. Dr. Tadniyo Rahayu, M.Pd., dan Wakil Dekan III FKIP UNS, Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd., bahwa Tri Eks STO menjadi wadah persaudaraan FIK UNY- FIK Unnes- dan FKIP UNS untuk berbagi informasi dan pengalaman sivitas akademika dari dosen hingga mahasiswa keolahragaan Joglosemar. Rencananya, tahun depan pertemuan tersebut akan diselenggarakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Di akhir rangkaian pada Minggu (21/5) siang di venue- venue olahraga FIK UNY, FIK UNY berhasil menjadi juara umum pertandingan persahabatan diikuti FIK Unnes dan FKIP UNS. (SP27)