PICKLEBALL, GABUNGAN TIGA JENIS OLAHRAGA MENJADI SATU

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universotas Negeri Yogyakarta (FIK UNY), Kamis (14/11) berkesempatan menerima tamu dari IFP (International Federation of Pickleball), yaitu Jeff van der Hulst. Beliau adalah Level 2 Instructor International Pickleball Teaching Professional Association. Dalam kesempatan tersebut Jeff menyerahkan 12 paddle dan 6 bola untuk indoor juga 6 bola yang digunakan di lapangan outdoor.

Pada kesempatan yang sangat menyenangkan itu, hadir pula Pimpinan FIK, Dosen dan mahasiswa yang ikut memeriahkan suasana. Bertempat di Hall Bulutangkis FIK UNY, Jeff memberikan tutorial bagaimana cara bermain Pickleball. Pickleball sendiri adalah gabungan dari 3 cabang olahraga. Yaitu, tenis, bulutangkis dan tenis meja. Menggunakan lapangan bulutangkis dan net setinggi tenis, permainan dilakukan dengan minimal 2 orang atau bisa juga dengan pemain ganda.

Jeff yang ditemani Ibu Sri Dewi mengajarkan bagaimana cara serve, menerima bola, memukul dengan paddle, dan bagaimana cara menaikkan tingkatan permainan Pickleball. Permainan ini bisa dimainkan di dalam maupun luar ruangan. Perbedaannya hanya pada bolanya. Bola yang digunakan di dalam ruangan lebih tebal dan memiliki sedikit lubang, sedangkan bola yang digunakan di outdoor lebih banyak lubangnya dan sedikit lebih tipis. Sebanyak 3 lapangan dipersiapkan, dan semuanya menikmati permainan tersebut. Pickleball sangat mudah dimainkan, karena tidak memerlukan power ketika memukul bola layaknya tenis, tidak memerlukan kecepatan tinggi seperti tenis meja atau bulutangkis. Namun Pickleball ini memerlukan konsentrasi dan feel saat menerima dan memukul bola. Jadi untuk kalian yang ingin fit dan bugar, cobalah permainan Picklebal. (PD)

Berlatih bermain Pickleball bersama Jeff van der Hulst

 

Penyerahan Paddle dan Bola