PKPP FIK SEBAGAI PENGUAT KESEJAWATAN DAN PROFESIONALISME MAHASISWA BARU

Pelatihan Kepemimpinan dan Pengenalan Prodi (PKPP) merupakan program tahunan guna menguatkan rasa kesejawatan (persaudaraan) antar mahasiswa baru dan sarana pengenalan Prodi beserta kegiatan organisasi kemahasiswaanya. Selain itu, PKKP merupakan wahana pembentukan karakter, rekreasi, kaderisasi, dan leadership (kepemimpinan) mahasiswa baru. Tahun ini, program PKPP FIK dilaksanakan serentak, yaitu Prodi PJKR di Pantai Cemara Sewu, Bantul, Prodi PGSD Penjas di Pantai Baru, Bantul, Prodi PKO di Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, dan Prodi Ikor di Ilmu Langit Imogiri, Bantul.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan (23-24 September) terbukti mampu meningkatkan keakraban antar mahasiswa baru maupun dengan mahasiswa tingkat di atasnya selaku panitia. Hal tersebut tercermin dari suasana kegiatan dari pembekalan materi kepemimpinan, pentas seni, games, maupun talkshow. Seluruh peserta PKPP tampak begitu antusias dan menikmati setiap momen kegiatan yang dipandu kakak angkatannya tersebut.

"PKPP memang sengaja dilakukan di alam terbuka, selain menjadi keakraban para mahasiswa baru, kegiatan ini untuk mendekatkan mahasiswa baru dengan alam", ujar Dr. Guntur, M.Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga FIK. Pendekatan diri dengan alam dapat diwujudkan dengan turut menjaga kelestarian dan kebersihan alam sekitar dengan tidak merusak atau membuang sampah sembarangan, tambah Guntur.

Sementara itu, Miftahul Surur, ketua pelaksana PKPP Prodi PKO menyatakan bahwa nilai- nilai tambahan yang disematkan dalam kegiatan tersebut antara lain untuk mendidik kedisiplinan, kepribadian, dan etika mahasiswa baru dalam kehidupan di kampus maupun di masyarakat. Di sela- sela kegiatan yang diikuti 574 mahasiswa baru FIK UNY, Dekan FIK, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed., berpesan agar seluruh peserta dan panitia PKPP menjaga diri dan lingkungan. Selain itu, mahasiswa FIK UNY dituntut agar mampu menyelesaikan studi dengan baik, yaitu untuk lulus tepat waktu dan mencapai IPK yang tinggi sambil melakukan berbagai aktivitas baik itu menjadi pengurus organisasi mahasiswa maupun sebagai atlet. (SP27)