REKTOR UNY MEMBERIKAN KULIAH UMUM BAGI MABA PROGRAM S2 DAN S3 FIK UNY

FIK UNY menggelar Kuliah Umum yang dibarengi dengan PKKMB S2 dan S3, Kamis 4 Februari 2021. Kuliah Umum oleh Rektor UNY ini dikuhusukan bagi mahasiswa baru jalur intake semeseter genap tahun akademik 2020/2021. Sebanyak 75 mahasiswa baru mengikuti secara daring.

Dalam Kuliah Umum tersebut, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. mengapresiasi mahasiswa baru yang mengikuti percepatan studi, yaitu mahasiswa yang telah menyelesaikan jenjang kuliah S1, S2 dan kini menjadi bagian dari FIK UNY di jenjang selanjutnya, yaitu S2 dan S3. Dalam perkembangannya, diharapkan mahasiswa bisa segera mendapatkan pembimbing tesis setelah semester dua nanti, sedangkan S3 bisa segera mempersiapkan publikasi setelah kuliah daring teori satu semester, sehingga maksimum 3 tahun dapat menyelesaikan studi, lanjutnya. Kesuksesan mahasiswa bergantung pada keuletan mahasiswa tersebut dan hasilnya lebih banyak pioner SDM olahraga berkualitas. Rektor juga mengucapkan selamat sukses untuk maba S2 dan S3 FIK UNY dan yakinlah dengan studi lanjut S2 dan S3 akan membuat kalian lebih sukses, pungkasnya.

Selain Rektor UNY, narasumber Kuliah Umum yang kedua yaitu Dr. Soni Nopembri, Ph.D., beliau adalah Ketua Publikasi Ilmiah FIK UNY dan sekaligus Sekretaris Rektor. Dalam isiannya, beliau menyampaikan untuk segera merencanakan penyusunan artikel atau manuscript sehingga ketika studi lanjut selesai, publikasi sebagai syarat mutlak lulus juga berjalan lancar. Hasil publikasi ilmiah juga harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas, imbuhnya. Tips-tips khusus bagi mahasiswa pascasarjana juga ikut dipaparkan, beliau juga menyampaikan pentingnya pembuatan timeline studi mulai dari tahun pertama, kedua dan ketiga serta menargetkan publish jurnal di akhir taun pertama atau kedua.(PD)