Seminar Nasional Keolahragaan: Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Prestasi Olahraga

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA  membuka Seminar Nasional Keolahragaan bertema Olahraga Sebagi wujud Kemandirian Mahasiswa Indonesia bertempat di ruang sidang utama rektorat UNY. Seminar keolahragaan merupakan bagian dari serangkaian kegiatan POMNAS XIII Tahun 2013 di DIY (27/11). Bertindak sebagai key note speaker Menpora RI yang diwakili oleh Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes. Pemateri kegiatan adalah Rektor UNY, Kepala BPO Dikpora DIY, serta pengurus PP Bapomi (Prof. Mulyana).

Dalam paparan materinya, Rochmat menyampaikan bahwa kehormatan suatu bangsa ditentukan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah prestasi olahraga. Menurutnya untuk menghasilkan prestasi olahraga dapat dilakukan melalui klub – klub atau training center setiap cabang, di samping melalui universitas. Universitas pun diharapkan dapat berkontribusi dalam atlit terpelajar yang berprestasi, di samping pelatih dan ahli di bidang olahraga terkait yang handal. “Universitas bukanlah menara gading tapi menara air, sehinga perguruan tinggi pun memiliki misi untuk memperjuangkan profesionalisme olahraga daripada politisasi olahraga untuk keungggulan prestasi olahraga”, jelas rochmat

Banyaknya pendaftar seminar, membuat panitia harus menutup pendaftaran lebih awal karena jumlah peserta telah melampui target dan panitia juga harus menyesuaikan dengan kapasitas ruangan.(rew)