Seminar Rintisan Kelas Internasional

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (PJKR FIK UNY) menyelenggarakan seminar rintisan kelas internasional, mengundang Scoot Grace, guru sekaligus kepala sekolah pada Yogyakarta Internasional School (15/12) bertempat di ruang Sidang Wisma Olahraga.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengelola kelas internasional supaya bisa mengglobal/mendunia. Ke depan FIK akan membuka rintisan prodi internasional PJKR, sehingga mahasiswa yang belajar di Prodi tersebut nantinya bisa berasal dari berbagai negara dan etnis. Sekolah yang berinduk di Australia ini mengadopsi kurikulum berstandar internasional yang dibeli dari badan standar kurikulum intenasional berpusat di Inggris.        

“Kami menerapkan kelas kecil yang berisi 13 anak dan kelas besar paling banyak 21 anak. Kelas kami mirip kelas Harry Potter dan memiliki beberapa asrama untuk sekolah anak laki-laki dan perempuan. Selain Bahasa Inggris, kami juga belajar menggunakan Bahasa Jerman dan Belanda. Kelas-kelas kami terdiri dari banyak etnis,” jelas Scot dalam Bahasa Inggris. Scoot yang telah berpengalaman mengajar di New Zueland selama 30 tahun, China 9 tahun, dan di Yogyakara 18 bulan terkesan dengan banyaknya anak-anak yang bermain  bola di sore hari.

“Ke depan kami membuka diri dengan program kerjasama seandainya ada mahasiswa rintisan kelas internasional ini yang akan melakukan praktik (semacam PPL) di sekolah kami,” lanjut Scoot disambut hangat peserta seminar.
Pada kesempatan tersebut, juga menghadirkan pembicara guru dari YIS sealigus alumni FIK UNY, Bambang yang memberikan tips untuk rintisan kelas internasional, sebagai berikut: 1) Melihat bagaimana skill/kemampuan dari orang tersebut, 2)Life personality sangat penting termasuk knowing to understanding personality, behaviour, attitudes, 3)Bagaimana cara kita mengaplikasikan dengan baik ilmu yang telah kita miliki.
“dan yang tidak kalah penting adalah memahami dan mengaplikasikan kurikulum dengan baik, termasuk bahasa agar kita bisa mengaplikasikan dengan lainnya. (ratnae)