Sosialisasi Program Grand Strategi Pembangunan Olahraga Prestasi Nasional

Peningkatan dan perkembangan prestasi olahraga nasional memerlukan proses pembinaan jangka panjang yang terencana dan terarah melalui pengelolaan yang baik dengan dukungan dana, sarana, dan prasarana yang memadai. Untuk mencapai hasil olahraga yang oiptimal harus diawali dari permasalahan olahraga, dilanjutkan dengan pembibitan calon atlet usia dini, melalui pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Demikian mengemuka dalam Focus Group Discussion Grand Strategi Pembangunan Olahraga Prestasi Nasional 2014 – 2024 kerjasama KONI Pusat, Kemenpora, dan FIK UNY bertempat di ruang rapat utama Gedung Pusat Layanan Akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) (26/11).

FGD menghadirkan Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Marsda TNI Purnawirawan Ir. K. Inugroho, MM, Kabid Diktar KONI Pusat, Dr. Dr. Eka Wahyu Kasih, S.H., M.H, Kabid Binpres KONI Pusat, serta Dr. Johansyah Lubis, M.Pd.

Pejabat yang ikut hadir antara lain: Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, Dirjen Dikmen Kemendikbud, Supriyano, M.Ed., Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO.

FGD mengharapkan agar konsep pola pembinaan olahraga prestasi nasional yang dibuat bersama-sama beberapa kementerian, KONI-KONIDA, Induk Organisasi Cabang Olahraga dalam rangka meningkatkan kualitas manusia yang bermartabat dalam upaya tercapainya prestasi atlet di single/multi event regional/internasional menjadi suatu program yang sangat penting dan strategis, serta mempunyai persepsi yang standar. Selain itu program yang telah disusun sesuai dengan amanat Rapat Anggota Tahunan KONI 2013, dapat lebih disempurnakan dalam upaya memperoleh pola pembinaan olahraga nasional secara sistematis, berjenjang dan berkelanjutan, setelah adanya masukan atau saran perbaikan dari stakeholders terkait bidang olahraga. Pada kesempatan tersebut juga diadakan lounching KONI Card oleh BRI Syariah. (ratnae)