TES KESEHATAN KETRAMPILAN BAGI MAHASISWA ANGKATAN 2019

 

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta sukses mengadakan tes kesehatan dan ketrampilan bagi mahasiswa angkatan baru pada Selasa (12/11) di Lapangan Tenis Indoor dan Stadion Atletik UNY. Sebanyak 196 Mahasiswa angkatan 2019, hadir 162 mahasiswa, sedangkan 34 lainnya berhalangan datang. Mereka adalah mahasiswa yang masuk melalui SBMPTN pada tahun 2019. Dimulai sejak pukul 06.00 pagi, mahasiswa dengan tertib mengantri untuk dapat mengambil gilirannya.

Serangkaian tes yang dilaksanakan hari itu dimulai dengan registrasi yang dilayani mulai pukul 06.00 kemudian lanjut dengan pengukuran tinggi dan berat badan. Berikutnya tes visus mata, untuk mengetahui ketajaman mata dari masing-masing peserta. Tes kesehatan dilakukan oleh beberapa Dokter, baik dosen FIK maupun dokter dari Health and Sport Centre UNY. Tes kesehatan meliputi pengukuran tekanan darah, pemeriksaan postur dan anggota gerak, juga kemampuan verbal dan auditory, tak lupa pemeriksaan mata melalui tes buta warna ishibara. Tes selanjutnya adalah ketrampilan motorik seperti vertical jump, Lempar tangkap bola ke dinding (wallpass), sit up, push up, tes kelincahan, yaitu dengan berlari zig zag, lurus dan berputar dengan rintangan, dan diakhiri dengan lari 1600 meter untuk mengetahui daya tahan kardiorespiratori.

Tes kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan setelah mahasiswa baru diterima. Sedangkan tahun sebelumnya, tes dilaksanakan sebelum mahasiswa diterima. Tahun 2019, tes ketrampilan diganti dengan sistem portofolio. Dimana mahasiswa diwajibkan mengumpulkan dokumen, sertifikat, piagam secara online.

Perbandingan hasil tes kesehatan antara tahun 2018 dan 2019 dijadikan penelitian masing – masing prodi untuk hasil yang terbaik. Karena ternyata hanya dengan tes portofolio, hasil yang didapat masih kurang maksimal. Beberapa mahasiswa kurang dalam tinggi badannya, dan adanya mahasiswa yang buta warna.

Diharapkan di tahun 2020 nanti, portofolio mendampingi tes ketrampilan dan tes kesehatan. Untuk memperoleh mahasiswa yang memiliki kualitas motorik yang baik sehingga dapat berprestasi serta mengembangkan ilmu keolahragaan sesuai dengan kompetensinya.(PD)