UKM Pencak Silat UNY Meraih Juara Umum 3 UNJ OPEN I

UKM Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta meraih Juara Umum 3 Kejuaraan UNJ OPEN I. Kejuaraan tersebut diselenggarakan di GOR Ciracas Jakarta Timur pada 11- 14 Mei 2018. Capaian UKM Pencak Silat UNY yang sebagian besar merupakan mahasiswa FIK UNY tersebut berhasil diraih setelah mengalahkan 42 dari 45 Perguruan Tinggi dari 16 provinsi Se-Indonesia. Muhammad Yahya, Ketua UKM Pencak Silat UNY, menyatakan bahwa perjalanan meraih prestasi tersebut dilalui dengan mengikuti 11 kelas dari 20 kelas yang dipertandingkan. “Semoga di kejuaraan berikutnya kita dapat mengirim full team”, imbuhnya. Menurutnya, UNY memiliki banyak pesilat yang berpotensi dan pada kesempatan itu salah satu atlet UKM Pencak Silat UNY menjadi pesilat putri terbaik dalam kejuaraan tersebut.

Salah satu atlet UNY, Dicky Yoza, peraih juara emas Kelas F putra mengaku bahwa hasil ini tentunya bukan latihan dari dirinya sendiri tapi juga berkat doa sivitas akademika UNY, program latihan dari pelatih, motivasi dalam berlatih, dan ada semangat juara.  Tim Pencak Silat UNY merasa sedikit gugup karena bertemu lawan tidak hanya dari Jawa saja, tetapi juga ada dari Papua, Sumatra, dan Kalimantan, ungkapnya.

Persiapan yang dilakukan oleh Tim Pencak Silat UNY untuk mengikuti kejuaraan berlangsung selama dua bulan lebih sampai dengan kejuaraan. Sementara itu, tim pencak silat UNY putri yang menjadi pesilat terbaik putri, Sholikhah Putri Chandra Purnama, mengungkapkan motivasinya selama bertanding dengan merasa saya tidak mau kalah dengan tim putra yang  bisa berprestasi sampai level internasional  serta berharap untuk dapat bermain di level SEA GAMES. Kejuaraan pencak silat UNJ Open adalah kejuaraan antara mahasiswa tingkat nasional yang berlangsung selama 3 hari; untuk hari pertama dan kedua adalah babak penyisihan dan hari ketiga berlangsung dengan pertandingan semi final dan babak final. Kategori yang dipertandingkan yaitu tanding putra dan putri, seni tunggal putra dan putri, seni ganda putra putri, dan seni regu putra putri.  (Satya dan Yahya)