YISHPESS DAN COIS 2019 SEBAGAI SARANA PEMUTAKHIRAN  ILMU KEOLAHRAGAAN

Tujuan utama pendidikan jasmani dan promosi aktivitas fisik adalah untuk memfasilitasi dan mendorong sesorang pada gaya hidup aktif secara fisik. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan literasi fisik, yang didefinisikan sebagai 'kemampuan individu untuk bergerak dengan kompeten dan percaya diri dalam berbagai kegiatan fisik, dalam berbagai lingkungan yang menguntungkan perkembangan yang sehat dan kualitas hidup seorang secara keseluruhan. Sementara itu, ilmu dan teknologi olahraga membantu para atlet untuk meningkatkan performa fisik mereka. Teknologi memainkan peran sentral dalam mendukung peningkatan performa atau teknik pemulihan yang terkait dengan ilmu olahraga. Ilmu olahraga telah mengubah banyak hal, demikian yang melatarbelakangi dan memotivasi the 3rd Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sports Science (YISHPESS 2019) dan the 2nd Conference on Interdisciplinary Approach in Sports (CoIS 2019), ungkap Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY, Wawan S. Suherman dalam sambutan pembukaannya.

Sementara itu, Rektor UNY, Sutrisna Wibawa menyatakan bahwa UNY terus men-support dan memfasilitasi akademisi, praktisi, dan guru/ pelatih keolahragaan dalam usaha memperdalam, memperkaya, dan menyebarluaskan gagasan dan inovasi terbaru dalam bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Olahraga, dan Lintas Disiplin Ilmu yang terkait Keolahragaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.  Dalam forum ini, diharapkan menjadi ajang berbagi pengalaman dan ide untuk menciptakan gagasan dan inovasi yang lebih baik untuk masyarakat. Sutrisna Wibawa berharap agar pertemuan ilmiah tersebut dapat berkontribusi dan menguntungkan dalam meng- upgrade kehidupan ilmiah keolahragaan. 

Hadirnya berbagai pembicara dari berbagai negara seperti Australia, Thailand, Malaysia, dan Singapura, dan Indonesia diharapkan menambah wawasan dan pengalaman terkait isu- praktek keolahragaan yang mengemuka dan beragam serta dapat memperkaya keilmuan keolahragaan nasional. Para pembicara, pemakalah, dan peserta menunjukkan atensi dan apresiasi peserta seminar di Hotel Eastparc pada Sabtu (31/8). (SP27).