Materi Penulisan Draft Publikasi, VP oleh Professor yang telah mempublikasikan 247 Scopus Paper

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prodi S3 Ilmu Keolahragaan mengadakan Visiting Professor dari UTHM atau Universiti Tun Hussein Onn Malaysia pada Jum’at (10/9), secara daring, acara ini dihadiri oleh Dosen Promotor dan Co-Promotor dari FIK UNY, juga mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan tahun pertama yang saat ini sudah menempuh 3 semester.

Professor yang didatangkan kali ini adalah Associate Professor Ts. Dr. Aida Mustapha, beliau sebenarnya adalah dosen di Departement Mathematics and Statistics, Faculty of Applied Sciences and Technology, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, spesialisasinya adalah Kecerdasan Buatan, namun, Prof. Aida Mustapha ini sejak tahun 2017 mendalami bidang Teknologi Olahraga, dan telah mempublikasikan 247 artikel Scopus dan masih terus akan bertambah.

Ilmu yang diberikan Prof. Aida selama 8 minggu ini adalah Penulisan Draft Publikasi, untuk minggu pertama pokok bahasan adalah Profiling and tools. Disitu dijelaskan bahwa untuk menulis Jurnal Scopus tidak boleh berdalih tidak memiliki kemampuan menulis dengan baik. Setiap ada bahan meskipun sedikit penyelidikan dan comparative studies, maka kita harus tetap menulis dengan baik, karena siapa tahu tulisan kecil kita ini akan membantu orang lain sebagai bahan pentingnya.

Dalam sambutan dan pembukaan acara ini, Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, mengucapkan terimakasih atas kesediaan Prof Aida untuk sharing ilmu di FIK UNY, sejak pertama program Visiting Profesor ini digulirkan dan mencari VP yang tepat, pilihan jatuh kepada Assoc. Prof. Ts. Dr. Aida Mustapha dari UTHM. Sebagai hasil akhir dari acara ini adalah, mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan bisa submit dan diterima di  Jurnal terindeks Scopus sebagai syarat kelulusan, mahasiswa setidaknya memiliki 2 artikel, yang pertama artikel Scopus dan kedua adalah artikel minimal terindex Sinta 2 atau bereputasi. Penulisan Draft Publikasi I ini diberikan kepada mahasiswa S3 di semester awal sebagai bekal supaya selesai kuliah, diharapkan mahasiswa sudah mempublikasikan artikelnya dan bisa menyelesaikan S3 tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Dosen FIK juga bisa memanfaatkan program ini untuk berkonsultasi jika punya artikel yang akan di submit, pungkasnya. (PD)