Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mempererat FIK UNY dan FPOK UPI

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta menjalin Kerjasama secara rutin setiap tahunnya dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sebuah program pemerintah yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program perkuliahan di luar Fakultasnya sendiri.

Kali ini FIK UNY melalui Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan, Dr. Sigit Nugroho, M.Or. menggandeng FPOK UPI melalui Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ibu Mustika Fitri, M.Pd. Ph.D. untuk mengadakan kelas bersama antara FIK UNY - FPOK UPI dalam mata kuliah Sosiologi Olahraga dan Biomekanika.

Acara pembukaan Kuliah dan sekaligus kegiatan Workshop Pengembangan Model Kerjasama Kurikulum ini dihadiri sejumlah pimpinan dan Dosen FIK UNY dan FPOK UPI juga mahasiswa dari dua Fakultas tersebut.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK UNY, Dr. Sigit Nugroho, M.Or. mengatakan, tahun ini jurusan IK FIK UNY mendapatkan hibah untuk Kerjasama kurikulum di MBKM, maka dari itu, FIK UNY menggandeng FPOK UPI untuk melaksanakan kegiatan pertukaran mahasiswa, dosen - mahasiswa yang serumpun dan program magang. Dalam hal ini FIK UNY dengan Tim Task Force-nya yang diketuai Bapak Krisnanda Dwi Apriyanto M.Kes. bersama dengan Ibu Rina Yuniana, M.Or., Bapak Martono, M.Or., dan Ela Yuliana, M.Or. ikut mencari stake holder untuk kegiatan ini.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPOK UPI, Ibu Mustika Fitri, M.Pd. Ph.D. menyambut baik ajakan dari FIK UNY dan bersemangat untuk menggalakkan MBKM khususnya di UPI. Karena sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, tidak hanya ide dan pendelegasian kepada orang lain, tapi juga menggandeng mahasiswa dan dosen untuk aktif bekerja sama.

Manfaat dari MBKM sendiri bisa dirasakan oleh kedua Fakultas ini, selain untuk pemeringkatan juga untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar Fakultas. Kerjasama sendiri tidak berhenti di pertukaran pelajar, dosen, dan magang, tapi juga bisa dalam bentuk Kerjasama artikel untuk Jurnal Internasional dan dapat pula pertukaran Dosen Penguji Ujian Skripsi. (PD)