Pelaksanaan Asesmen Prodi S3 PKO Pertama di Indonesia

Sebagai penentuan kelayakan Program Studi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan menjamin mutu Program Studi secara eksternal baik di bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat, S3 Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNY melaksanakan Asesmen Lapangan secara Daring, Rabu (9/2/2022). Asesmen ini bertujuan untuk mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan perguruan tinggi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi program studi dan Menjamin bahwa proses akreditasi dilakukan secara independen, akurat, obyektif, transparan, akuntabel, ketidakberpihakan, kredibel, menyeluruh, efektif, dan efisien (Permenristekdikti Nomor 32 Tahun 2016; PerBan-PT Nomor 2 Tahun 2017).

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai Tim Evaluator: Prof. Dr. Eko Hadi Sujono, M.Si., Prof. Dr. Muhammad Rusdi, M.Sc., dan Prof. Safnil Arsyad, Ph.D. Ketiga evaluator memberikan evaluasi terkait kriteria: kurikulum, sumber daya manusia, penjaminan mutu, yang masuk didalamnya sarana prasarana, dan tata kelola lembaga. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan, menindaklanjuti usulan PKO dikoordinasi Dekan FIK UNY, mengusulkan pembukaan Prodi S3 PKO dengan Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. sebagai Ketua Task Force sekaligus penyampai materi untuk Proposal Usulan Pembukaan Program Doktor Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Dengan beberapa instrumen yang diusulkan untuk dipresentasikan, yaitu kurikulum, dosen dan sistem tata kelola.

Visi dari Program Studi Doktor Pendidikan Kepelatihan Olahraga sendiri adalah mengembangkan Pendidikan Kepelatihan Olahraga melalui Riset bertaraf internasional, dengan pengembangan keilmuan berfokus dominan pada gerak dominan gerak manusia sebagai pembelajaran dan pelatihan olahraga. Sedangkan kajian capaian pembelajaran mampu menguasai filosofi di bidang pendidikan Kepelatihan olahraga dengan penrapannya dalam kegiatan penelitian dengan pendekatan multi disipllin. Sedangkan Aspek keterampilan khusus, yaitu mampu melakukan riset dengan pendekatan multidisiplin dan publikasi ke jurnal internasional bereputasi, serta mampu membuat peta jalannya riset dibidang Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Kurikulum S3 PKO menggunakan sistem kurikulum Doctor by Course dengan total 42 SKS termasuk disertasi. Empat puluh ua SKS terdiri dari mata kuliah penelitian dan pulikasi sebanyak tigapuluh (30) SKS, sedangkan mata kuliah wajib adalah dua belas (12) SKS. 

Sebagai Pendidikan Kepelatihan Olahraga Program Doktor yang pertama di Indonesia, diharapkan S3 PKO menjadi Program Studi dengan visi keilmuan yang menduinia, sehingga menghasilkan keunikan tersendiri di bidang Sport Coaching. (PD)