Penyusunan Draft Raperda Olahraga Kota Magelang

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kota Magelang mengadakan konsultasi publik draft Raperda Keolahragaan Kota Magelang yang diadakan di Ruang Aula lantai 2 Disporapar, Jalan Diponegoro no. 33, Cacaban Kota Magelang.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pimpinan Sekretaris Daerah, Bapeda, BPKAD, Disdikbud, KONI, Kepala UPT Sport Center, Camat, KORMI, NPC, Perwakilan Cabang Olahraga, MGMP SMP, MGMP SMA, KKG Olahraga di seputaran Magelang dan beberapa tokoh masyarakat.

Magelang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki prestasi di bidang olahraga yang membanggakan dan berupa untuk terus meningkatkan prestasi tersebut. Prestasi itu di antaranya (https://jatengprov.go.id/beritadaerah/koni-kota-magelang-diminta-tingkatkan-prestasi-olahraga/ (diakses pada 27 Maret 2022):

Porprov 2013 peringkat 25, Porwil Dulongmas peringkat kedua,Anugrah KONI Awards tingkat Jateng dan Porprov 2018 menduduki peringkat 16.  Sedangkan Cabang olahraga unggulan Kota Magelang yang berhasil mendapatkan medali adalah : (1) Taekwondo, (2) Sepak bola, (3) Renang, (4) Panahan, (5) Tarung derajat, (6) Judo, (7) Tinju, (8) Wushu, (9) Sepatu roda dan (10) Tenis lapangan. Data cabang olahraga dari KONI Kota Magelang menunjukkan bahwa terdapat 35 cabor aktif, 5 cabor mati dan terdapat 1 cabor baru.

Tujuan dari kegiatan ini adalah Menganalisis dan mengetahui Urgensi pembentukan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Keolahragaan di Kota Magelang; Landasan filosofis, sosiologis, yuridis dan akademis pembentukan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Keolahragaan di Kota Magelang, arah pengaturan; Ruang lingkup materi muatan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Kota  Magelang.

Tim dari FIK UNY hadir sebagai Tim Ahli yang membantu untuk mengurangi permasalahan olahraga di Kota Magelang dan membantu dalam pembuatan Draft Raperda Olahraga Kota Magelang.