Kompetisi Perusahaan Rintisan Bidang Olahraga dikemas dalam Sport Coaching StartUp

Sebanyak enam puluh tiga mahasiswa yang terbagi dalam 15 kelompok mengikuti ajang Kompetisi Sport Coaching Startup yang digagas oleh Jurusan Pendidikan Kepelatihan, Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menciptakan inovasi dan mampu memanfaatkan perubahan dan menangkap peluang bagi generasi muda. Melalui kegiatan kompetisi, bootcamp/training camp, dan berbagai kegiatan lainnya dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam menumbuhkan minat dan meningkatkan kemampuan berwirausaha. Berdasarkan latarbelakang tersebut, Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga bermaksud melaksanakan program pengembangan start up business bagi mahasiswa bekerjasama dengan praktisi yang telah berpengalaman di bidang tersebut.

Acara yang diawali dengan penandatanganan kerjasama dengan Mitra, Lokakarya penyusunan Panduan Kompetisi Start Up Mahasiswa, Pelaksanaan Kompetisi Sport Coaching Start Up, Student Start Up Training Camp, Pendampingan start-up business bagi mahasiswa, dan diakhiri dengan Sport Coaching Start up Summit 2021 pada tanggal 4 November 2021.

Kompetisi Sport Coaching StartUp ini dikuti oleh 15 Kelompok mahasiswa, diantaranya Traineefy, Home Club, Pelatihku.id, F2F, Alesi, Edu-Sport Disability, Sporttotech, esceha.id, Halo Sport, Coach Connect.id, Sport Event, Stafet, Indo Data Sport, Koara Apparel, dan Sportpedia.

Mereka mengembangkan event organiser berbasis sport recreation, menjual berbagai peralatan dan pakaian olahraga, menyediakan pelatih-pelatih olahraga, mengembangkan e-commerce berbasis olahraga dan lain-lain.

Bertindak sebagai juri adalah dosen dari FIK UNY dan Kepala Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis dan Hak Kekayaan Nasional, Ibu Prof. Dr. Nahiyah Jaidi, M.Pd. Peserta awal Sport Coaching StartUp awalnya 19 kelompok, namun dengan perjalanan waktu, mereka tersisih dan tersisa 15 kelompok mahasiswa. (PD)