Peminat Pap Smear Masih Minim

Salah satu kegiatan Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta adalah general check up yang diperuntukkan bagi seluruh warga UNY. Kegiatan yang bekerjasama dengan Balai Laboratorium Dinas Kesehatan DIY digelar pada tanggal 1-2 April 2014, dan dibuka oleh Rektor UNY. Parameter kesehatan yang disediakan meliputi pemeriksaan darah lengkap, kadar gula darah puasa, kadar gula darah 2 jam sesudah makan, kadar gula darah sewaktu (tidak puasa), kadar cholestrol total, kadar HDL (Cholesterol yang baik), kadar LDL (Cholesterol yang jahat), kadar tryglicerida (resiko serangan jantung dan strok), kadar asam urat dalam darah, BUN/urea/kadar ureum dalam darah, kadar kreatinin dalam darah, urin lengkap, SGOT,SGPT ,Albumin.
Peminat terbanyak adalah pada parameter trigleserida sebanyak 240 orang dan peminat terkecil adalah pemeriksaan golongan darah sebanyak 1 orang. Sementara itu, parameter papsmear yang merupakan parameter baru pada pemeriksaan general check up  hanya diikuti sebelas ibu-ibu. Hasil pemeriksaan general check up telah dibagikan pada (10/4) lalu bersamaan dengan kegiatan penjelasan hasil oleh dokter.
Sejumlah dosen dan karyawan FIK yang memperoleh subsidi tampak ikut hadir dalam pemeriksaan general check up. Sesuai dengan surat edaran Wakil Rektor II UNY, dosen dan karyawan yang masih aktif bekerja dengan ketentuan usia  sama dengan dan atau lebih dari 55 tahun bagi dosen,  sedangkan bagi karyawan samadengan dan atau lebih dari 53 tahun. Para pengemudi Universitas Negeri Yogyakarta, memperoleh bantuan pemeriksaan dengan parameter sebagai berikut:1)Kadar Gula Darah Puasa 2) Kadar Gula Darah 2 jam sesudah makan 3) Kadar Kolesterol Total 4) Kadar Trygliserida 5) Kadar Asam Urat 6)Urine lengkap. (rew)