PERLUNYA BERKIBLAT KEPADA PERGURUAN TINGGI YANG LEBIH UNGGUL

Dalam rangka mewujudkan pengembangan Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Olahraga Kesehatan Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba) guna meningkatkan kualitas program studi dan kompetensi lulusannya, perlu berkiblat dengan perguruan tinggi keolahragaan yang sudah unggul dan memiliki reputasi di tingkat nasional seperti FIK UNY. Prodi dan para dosen PJKR di Uniba sangat ‘hijau’ jika dibandingkan dengan Prodi- Prodi PJKR yang ada di Indonesia. Demikian disampaikan Dekan FOK Uniba, Danang Ari Santoso dalam kunjungan sekaligus penyerahan Kuliah Kerja Lapangan Uniba di FIK UNY (26/2). Rasa syukur dan terima kasih FOK Uniba atas diterimanya di kampus keolahragaan terbaik yang diharapkan memberikan bekal wawasan bagi dosen dan para mahasiswa sejumlah 150 mahasiswa Prodi PJKR. Lebih lanjut, Dekan FOK menghimbau kepada para dosen dan mahasiswa untuk ‘menyerap’ keunggulan- keunggulan yang ada di FIK UNY baik dari segi materi pembelajaran, ilmu yang disampaikan dosen, kurikulum, dan sarana prasarana, yang bisa diadopsi dan dikembangkan di Banyuwangi.

Sementara itu, senada dengan sambutan Dekan FOK, Wakil Dekan I FIK, Mansur, menambahkan bahwa tidak salah Uniba melakukan KKL dan kunjungan ke kampus terbaik ke- 4 Se- Indonesia versi 2019 Indonesia University Ranking (4ICU) yang baru- baru ini dirilis. UNY berada di urutan ke empat di bawah UGM, UB, dan UI, untuk itu sivitas akademika UNY patut bersyukur atas capaian tersebut dengan bersama- sama perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang inovatif dan kreatif di era sekarang ini, ungkap Mansur. Lebih lanjut, Wakil Dekan I didampingi para pimpinan FIK memotivasi para mahasiswa FOK Uniba untuk memanfaatkan kesempatan kunjungan akademik tersebut dengan baik yaitu dengan mengeksplorasi hal- hal yang menunjang kompetensi kelak ketika lulus. 

Kegiatan KKL Uniba diawali dengan penerimaan secara resmi oleh pimpinan FIK UNY di Ruang Sidang Utama GPLA, dilanjutkan perkuliahaan di masing- masing kelas, dan diakhiri dengan pertandingan persahabatan pada siang hari hingga sore untuk cabang olahraga sepakbola, futsal, bola voli, dan bulutangkis. (SP27)