PERSEPSI POSITIF AKAN BERUBAH MENJADI ENERGI POSITIF

FIK UNY – Sebanyak 400 lebih mahasiswa angkatan 2016 dari semua program studi di FIK mengikuti acara Tutorial Tugas Akhir di Ruang Sidang Utama GPLA lantai 3, pada 4 November 2019. Acara yang bertajuk “Berpikir, Berperilaku, Berkarakter, Kunci Sukses Studi” dibawakan dengan apik oleh Bapak Erik Hadi Saputro, M.Eng. Mahasiswa yang awalnya berisik karena lebih memilih bercengkrama dengan temannya, akhirnya dapat terkondisikan.

Acara yang dimoderatori oleh Asyam Alauddin, mahasiswa prodi PJKR angkatan 2017, lebih menitikberatkan supaya mahasiswa banyak berpikir dan berperilaku positif. Mahasiswa diajak untuk melihat beberapa video motivasi supaya mereka juga dapat menumbuhkan kepecayaan diri, sehingga akan termotivasi untuk bisa menyelesaikan Tugas Akhir.

Erik yang juga wakil Dekan 2 di Fakultas Ekonomi, Universitas AMIKOM ini menjelaskan, bahwa hidup harus punya P.O.W.E.R, yaitu: Positive, Optimist, Willingness, Enthusiasm dan Refill. Dari sini kita diajarkan bahwa persepsi kitalah awal dari segalanya. Jika kita berpikir positif, bersikap optimis, mau mengerjakan segala sesuatu dengan ikhlas dan antusias, lalu kita ulangi seterusnya, maka, bukan tidak mungkin, kita akan selalu mendapatkan energi baik dari tubuh kita, sehingga semua kegiatan akan terlaksana dengan baik.

Pengisi acara di banyak radio nasional ini mengatakan, hidup ini juga sebaiknya diisi dengan skala prioritas. Dan fokuslah pada hal – hal besar kemudian mengerucut, dan bukan sebaliknya. Seperti botol yang diisi bola Golf hingga penuh, kita akan mengatakan bahwa botol tersebut penuh, namun, kita masih dapat mengisinya kembali dengan kerikil dan tetap menyebutnya penuh. Lalu kita isi kembali dengan pasir. Terakhir, kita bisa mengisinya dengan air. Seperti dalam kehidupan, bahwa yang paling besar peranannya dalam hidup kita adalah yang terpenting, yaitu keluarga. Lalu lingkungan, teman, dan kemudian hal-hal remeh dalam hidup kita. Dan jangan mengisi botol dengan hal remeh seperti pasir dahulu, karena ketika botol tersebut penuh, kita tidak akan bisa mengisinya dengan hal lain yang lebih besar.

Pada sesi akhir acara, Erik menegaskan, bahwa apa yang membuat mahasiswa lebih kuat, akan menjadi semangat untuk bisa segera menyelesaikan tugas-tugasnya, seperti tugas akhir, misalnya. Maka untuk bisa melakukannya, cobalah untuk membalik makna dan membalik artinya. Supaya tujuan positif dan hanya sesuatu yang positif selalu ada dalam pikiran kita.  Tegaskan dan afirmasi diri kita bahwa semua ada jalan dan kita selalu menuju pada jalan yang benar. (PD)

                         Mengajak Mahasiswa Bernyanyi 

 

 

                          Berfoto Bersama Sebagian Mahasiswa

 

                                Berfoto Bersama Pimpinan FIK

 

 

                             Menerima Kenang - Kenangan dari FIK