Rekruitmen Mahasiswa

Sistem rekruitmen mahasiswa baru di Fakultas Ilmu keolahragaan UNY melalui 3 cara, yaitu PBU (Penelusuran Bibit Unggul), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Mandiri (SM), Kelanjutan Studi Mandiri (KSM). Penelusuran Bibit Unggul adalah program penerimaan mahasiswa baru melalui prestasi di bidang olahraga. Untuk tahun 2011 PBU diubah manjadi jalur undangan.

Seleksi melalui SNMPTN merupakan seleksi nasional yang ditetapkan secara nasional. Artinya calon mahasiswa harus mengikuti alur pendaftaran yang sudah ditetapkan. SNMPTN sejak tahun 2009 sangat efektif karena bisa dilakukan lewat online, sehingga calon mahasiswa bisa mendaftarkan dimanapun tanpa harus datang ke tempat pendaftaran Perguruan tinggi (PT) yang dipilih.

Seleksi mandiri merupakan program seleksi bagi calon mahasiswa yang tidak melalui seleksi nasional, tetapi dilakukan sendiri oleh UNY, hal ini dilakukan untuk menampung animo mahasiswa yang cukup banyak dan berminat masuk untuk belajar di UNY khususnya Fakultas Ilmu Keolahragaan. Dengan diadakannya seleksi mandiri ini maka pemilihan mahasiswa akan lebih seimbang antara kemampuan praktik maupun tes tertulisnya, dan mahasiswa yang masuk dapat dipastikan kemauannya tinggi untuk kuliah di FIK, buktinya mereka tetap mendaftar di FIK UNYmeskipun belum berhasil lolos SNMPTN.

Program Kelanjutan Studi (PKS) Mandiri merupakan penerimaan mahasiswa baru melalui program kelanjutan studi, artinya bahwa mahasiswa yang dahulu pernah menempuh jenjang D2 maupun D3 bisa melanjutkan lagi sampai jenjang S1. Program ini diberikan untuk para guru yang sudah PNS maupun belum tetapi ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Pada program ini mahasiswa hanya menempuh mata kuliah yang belum pernah ditempuh sehingga proses perkuliahan hanya paruh waktu. Oleh karena itu masa studi mereka relatif lebih pendek.