Visi, Misi dan Tujuan FIK UNY

VISI

Visi Fakultas Ilmu  Keolahragaan UNY merupakan penjabaran dari visi Universitas 
Negeri Yogyakarta yaitu Menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025. Fakultas Ilmu Keolahragaan sebagai bagian dari UNY harus memiliki visi yang sejalan dengan visi universitas. Ke depan FIK memiliki visi untuk dapat Mewujudkan Pendidikan Jasmani, Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Kepelatihan yang Kompetitif dan Inovatif di nasional, regional, dan internasional.

MISI

Untuk mencapai visi FIK UNY tersebut, kami mencanangkan beberapa misi sebagai cara dan langkah agar visi FIK dapat terrealisasi. Misi- misi tersebut adalah:

1.   Menyelenggarakan kegiatan akademik yang berkualitas sesuai dengan perkembangan era dan teknologi.
2.   Melakukan  penelitian  dan  program  pengabdian  masyarakat  yang  inovatif  dan berkualitas.
3.   Peningkatan  kualitas  pengajar/  dosen,  tendik,  sarana  prasarana  pendukung,  dan tenaga kependidikan yang sesuai perkembangan era.
4.   Meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam olahraga, penalaran, kewirausahaan, minat khusus, dan sebagainya.
5.   Meningkatkan kualitas publikasi karya akademik.
6.   Menguatkan dan meningkatkan sumber daya, pengelolaan lembaga, kerjasama, dan networking dengan institusi dalam dan luar negeri.

 

NILAI INTI PERWUJUDAN VISI DAN MISI FIK

Sebagai motivasi dan komitmen bersama dalam mewujudkan visi dan misi, kami perlu menentukan nilai- nilai inti (core values) sebagai landasan berperilaku dan semangat keberhasilan dalam merealisasi visi misi yang kami canangkan. Nilai- nilai tersebut merupakan penjabaran yang terkandung dalam Visi Universitas Negeri  Yogyakarta.  Berdasarkan  nilai - nilai  inti  visi Universitas, Fakultas Ilmu Keolahragaan diharapkan untuk senantiasa menanamkan nilai- nilai kebaikan dan kecendekiaan kepada sivitas akademika di dalamnya untuk mewujudkan visi misi lembaga. Nilai- nilai tersebut adalah: SPORTIF yang merupakan penjabaran dari singkatan Simpatik, Profesional, Optimis, Rasional, Takwa, Inovatif, dan Futuristis. Civitas akademika Fakultas Ilmu Keolahragaan diharapkan memiliki nilai dan semangat juang SPORTIF yang nantinya akan semakin mendukung visi misi FIK maupun UNY secara umum.

 

PROGRAM ARAH PENGEMBANGAN FIK

Visi, Misi, dan Nilai Inti tersebut merupakan langkah atau dasar untuk mengembangkan FIK UNY sebagai lembaga pendidikan tinggi keolahragaan yang unggul dan inovatif di Indonesia. Selain ketiga aspek tersebut, FIK UNY perlu suatu  guideline untuk menyusun arah pengembangan dan program kerja untuk empat tahun ke depan. Beberapa program kerja yang perlu dilakukan untuk memajukan FIK UNY antara lain:
1.   Peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (dosen dan tendik) untuk menghasilkan lulusan FIK yang kompetitif di dunia kerja.
2.   Peningkatan kualitas penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan pendayagunaan hasil- hasil penelitian agar lebih mendukung dan bermanfaat dalam inovasi dan kualitas pendidikan.
3.   Peningkatan  dan  kebermanfaatan  pengabdian  masyarakat  FIK  UNY  dapat  lebih berdaya guna di masyarakat untuk pembangunan  nasional.
4.   Penataan dan peningkatan good governance FIK UNY dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih berkualitas dan akuntabel secara efektif dan efisien.
5.   Pelaksanaan, penataan, dan pendampingan kegiatan kemahasiswaan sebagai sarana meraih prestasi, pendewasaan, dan penguatan kompetensi tambahan mahasiswa sesuai perkembangan zaman.
6.   Penguatan dan pemberdayaan alumni sebagai perluasan jaringan dengan FIK UNY dan untuk memperluas peluang dunia kerja bagi lulusan.
7.   Pengembangan dan perluasan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan bagi seluruh stakeholder pemerintah dan swasta baik wilayah nasional, regional, maupun internasional untuk kemajuan lembaga.