PERTEMUAN TRI EKS STO KUATKAN SOLIDARITAS FIK UNY- FIK UNNES- FKIP UNS 

Pertemuan Tri Eks STO (baca: Tiga Mantan Sekolah Tinggi Olahraga) antara Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret sebagai sarana silaturahmi dan persaudaraan antar institusi perguruan tinggi keolahragaan yang selama ini dirintis. Sebelum menjadi fakultas maupun program studi keolahragaan seperti saat ini, FIK UNY, FIK Unnes, dan Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UNS merupakan Sekolah Tinggi Olahraga. Tahun ini, FIK Unnes menjadi tuan rumah pertemuan tahunan Tri Eks STO setelah tahun lalu diselenggarakan di FIK UNY dan tahun depan di FKIP UNS. Agenda Tri Eks STO meliputi pertandingan persahabatan antar dosen dan mahasiswa di mana tahun ini pertandingan yang dilombakan adalah Bapola (Basket Polo Air) untuk dosen putra, woodball untuk dharmawanita, bola voli putra dan tenis lapangan putri untuk mahasiswa, dan pertandingan eksebisi golf untuk para pimpinan. Dalam sambutan pembukaan pertemuan pada Minggu (8/4), Dekan FIK UNY, Wawan S. Suherman mengucapkan terima kasih atas komitmen Unnes dan UNS dalam menjaga silaturahmi yang selama ini dijaga oleh para pendahulu. Selain itu, Dekan FIK UNY juga mengucapkan selamat dan sukses bagi Unnes yang baru saja merayakan Dies Natalis ke-53. 

Sementara itu, Dekan FIK Unnes, Tandiyo Rahayu selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Tri Eks STO yang berkenan menjaga hubungan baik melalui kegiatan pertemuan yang mencakup diskusi membahas perkembangan ilmu keolahragaan terkini, diskusi antara oraganisasi mahasiswa, dan pertandingan persahabatan. “Pertemuan Tri Eks STO menjadi ‘penyegar’ suasana bagi para peserta di mana hari- harinya sibuk dengan aktivitas kampus”, imbuh Tandiyo. Selain itu, hari itu juga turut dihadiri para Pengurus Besar Woodball Indonesia untuk mengikuti pertemuan dan pertandingan woodball khususnya. 

Hal senada disampaikan Wakil Dekan III FKIP UNS, Sapta Kunta Purnama, bahwa Tri Eks STO menjadi wadah persaudaraan FIK UNY- FIK Unnes- dan FKIP UNS untuk berbagi informasi dan pengalaman sivitas akademika dari dosen hingga mahasiswa keolahragaan Yogyakarta- Solo- Semarang. Di akhir sambutannya Sapta Kunta memohon doa restu kepada seluruh hadirin bahwa semoga Agustus Tahun in JPOK FKIP UNS bisa menjadi fakultas yaitu FKOR (Fakultas Kesehatan dan Olahraga). (SP27)