Mahasiswa FIK UNY Menciptakan ‘DELIMA’ dalam Kampus Mengajar

Rais Ramzy Priyambada adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang berkesempatan untuk mengikuti Kampus Mengajar angkatan 1 yang diadakan oleh Kemendikbud RI dengan sasaran mengajar bagi Sekolah Dasar yang terakreditasi C, atau di daerah terdepan, terluar dan tertinggal.

Rais berkesempatan untuk mengajar di SDN Sadahayu 02, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Ia tidak sendirian, di sekolah tersebut, ia mendapatkan sejawat dari Universitas Jendral Soedirman, yaitu Sekar Fatmaningsih, Nu’mah Fatchiyah Disiwi, Vina Amalia Rizky, Septi Candra Ningsih dan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yaitu Desi Rahmawati, Rakhmadhona Istifarah.

Disana, Rais sempat terkejut karena menemukan permasalahan seperti siswa kelas 3 yang belum lancar baca tulis, karena itulah ia bersama teman-temannya menciptakan ‘Delima’ singkatan dari Dedikasi Lingkungan Kampus Mengajar yang dilaksanakan dengan suasana pembelajaran di alam terbuka atau outdoor, hal ini dilakukan sebagai inovasi karena selama ini pembelajaran dilakukan secara monoton.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 minggu ini mengambil tempat di Desa Wisata Taman Danaraja yang berada di Desa Sepatnunggal, tidak jauh dari sekolah SDN Sadahayu 02. Kegiatan ini sangat menarik siswa karena dirasa sangat menyenangkan jika belajar dipadukan dengan bermain, sehingga anak termotivasi untuk belajar. (PD)