Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY Gelar Akselerasi Usulan Kenaikan Jabatan/Pangkat dan Penyelesaian Studi Lanjut S3

FIK UNY mengadakan Akselerasi Usulan Kenaikan Jabatan - Pangkat dan Penyelesaian Studi Lanjut S3, Jum’at (20/10) bertempat di Ruang Sidang Utama GPLA lantai 3. Sebanyak 43 dosen diundang untuk mengikuti paparan dari 2 pembicara, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. dan Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd.

Dibuka oleh Dekan FIK UNY, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., memberikan arahan kepada para dosen untuk segera menyusun dan mengumpulkan kum guna keperluan naik jabatan mereka, hal ini sebagai bentuk dukungan dan kepedulian fakultas kepada dosen FIK UNY.

Dalam paparannya, Prof. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. memberikan kiat mudahnya menjadi Profesor, diantaranya manajemen diri menuju profesor, yaitu adannya niat diri yang kuat, pikiran yang bersih dan selalu positif, usaha yang tulus, banyak membantu orang lain dan tak lupa untuk selalu berdoa. Sedangkan kiat untuk menjadi profesor adalah memahami peraturan yang saat ini digunakan, mengumpulkan syarat secara bertahap, mencari networking, dan juga selalu mencoba tanpa patah semangat dan berdoa.

Pembicara lainnya, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. menjelaskan bahwa Studi S3 adalah stressor akademik. Stressor akademik merupakan respon yang dialami siswa berupa reaksi perilaku, pikiran, dan emosi yang muncul akibat adanya tuntutan akademik. Terdapat tanda dan cara menangani stressor akademik tersebut, apabila strees overwork maka harus releasing stress kemudian balance system methods. Stres ini terdapat dua jenis yaitu eustress dan distress. Eustress merupakan stres yang berdampak positif karena memberikan dorongan motivasi, sedangkan distress memberikan dampak negatif karena membuat seseorang merasa tertekan sehingga berdampak pada kesehatan mental. (PD)