Penyiapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Jurusan Ilmu Keolahragaan

Menyambut Semester Genap tahun 2022, Jurusan Ilmu Keolahragaan menyelenggarakan Workshop Penyusunan RPS Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Prodi DIV Pengobatan Tradisional Indonesia, Prodi S1, S2 dan S3 Ilmu Keolahragaan yang dilaksanakan pada Hari Jum’at (28/1/2022) secara daring.

Sebanyak tujuh puluh satu Dosen FIK UNY ikut diundang untuk mengikuti Workshop tersebut untuk persiapan perkuliahan semester Genap. Di Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK), perkuliahan semester Genap ada terdiri dari 2 jalur, yaitu reguler dan intake. Dimana Reguler akan dimulai tanggal 31 Januari 2022, dan intake dimulai 7 Februari 2022. Perkuliahan teori dilaksanakan secara online, dengan beberapa fasilitas online yang bisa digunakan seperti besmart, google classroom dll, dan perkuliahan Praktek dilaksanakan secara tatap muka terbatas. Jurusan IK mengelola 499 mahasiswa yang telah ter-registrasi, terdiri dari D4 47 mahasiswa, S1 256 mahasiswa, S2 113 mahasiswa, S3 83mahasiswa yang registrasi di semester ini. Pada jalur intake S2 IK sampai gelombang 2 menerima sejumlah 26 mahasiswa, dan masih ada jalur khusus yang akan dibuka 2 kelas dan baru ditutup pada 27 Januari 2022. Dan untuk S3 ada 12 mahasiswa dari jurusan intake. Kuota mahasiswa S2-S3 untuk intake Februari-Juni terpenuhi mengindikasikan promosi Prodi-Prodi yang dibuka, meskipun masih terbilang baru, berhasil. Karena sudah mampu mendapatkan mahasiswa baru dan diharapkan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. 

Selain itu, pada evaluasi nilai Semester Gasal, baik jurusan maupun fakultas telah memenuhi penilaian 100% tepat pada waktunya, bahkan selesai paling awal dari 7 Fakultas dan Pascasarjana di UNY.

Pada Workshop kali ini Dekan FIK UNY berharap, RPS sudah dapat diberikan kepada mahasiswa pada awal perkuliahan, namun tidak menutup kemungkinan, untuk RPS bisa diupload sebelum jadwal perkuliahan dimulai, sehingga mahasiswa memiliki pedoman untuk perkuliahan semester ini.

Kewajiban profesionalitas seorang Dosen, adalah merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran serta mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran. Untuk karena itu menyusun RPS adalah sebagai salah satu kewajiban. (PD)