Tim PPK ORMAWA KOSKMA turut Memeriahkan Kirab Budaya Lingkungan

Kirab Budaya Ingkungan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juli 2023 di Desa Sitimulyo, Piyungan, Bantul diikuti oleh seluruh masyarakat Sitimulyo, khususnya Dusun Pagergunung I. Selain masyarakat Sitimulyo, Bupati Bantul H. Abdul Halim juga turut hadir dalam Kirab Budaya Ingkungan.

Kirab Budaya Ingkungan dilaksanakan dalam rangka nguri-uri kabudayan dengan berziarah ke Makam Mangunnegoro. Dengan mengenakan pakaian adat mereka berjalan beriringan dari Balai Kalurahan Sitimulyo menuju makam Bupati Bantul pertama, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Mangunnegoro. Selain itu, masyarakat juga berziarah ke makam Ki Ageng Karutangan di Dusun Pagergunung.  Acara ini merupakan acara yang pertama kali digelar, sehingga masyarakat sangat antusias mengikuti dari awal sampai akhir. Acara digelar dengan membawa gunungan berupa ratusan ayam ingkung serta olahan bumi yang didoakan oleh tokoh agama setempat, nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat pascaziarah.

TIM PPK ORMAWA penelitian KOSKMA turut serta dalam memeriahkan acara Kirab Budaya Ingkungan. "Kirab Budaya Ingkungan ini sangat bagus dan semoga terus berkembang di tahun-tahun berikutnya," tutur salah satu warga masyarakat Sitimulyo ketika diwawancarai oleh TIM PPKO. Melalui acara Kirab Budaya Ingkungan, diharapkan masyarakat sadar dan mampu melestarikan kebudayaan yang ada. Hal ini akan memberikan ciri khas tersendiri bagi Kelurahan Sitimulyo.