Tim PPKO Koskma UNY Berpartisipasi dalam Menghidupkan Wisata Setren Opak

Pagelaran Kesenian Jathilan pada hari Minggu (30/07/2022) pukul 10.00 - 17.00 WIB diselenggarakan oleh pemuda Karang Taruna Dusun Karangploso. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya dan mengenalkan kesenian tradisional kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk memperkenalkan Wisata Setren Opak agar menarik wisatawan berkunjung ke wisata Setren Opak.

Pagelaran Kesenian Jathilan bertempat di Wisata Setren Opak, Dusun Karangploso, Kelurahan Sitimulyo, Piyungan. Kegiatan ini dimeriahkan oleh Setyo Manggolo Mudho dari Gunungkidul yang menampilkan 4 babak. Penonton dari dalam maupun luar daerah sangat antusias menyaksikan Pagelaran Kesenian Jathilan ini.

Kegiatan ini merupakan agenda yang pertamakali diselenggarakan setelah 2 tahun tidak beroperasi akibat wabah Covid-19. Pagelaran Kesenian Jathilan berlangsung cukup meriah, semua kru baik pemain, penabuh gamelan, maupun tim properti maksimal dalam bahu membahu menyuguhkan penampilan terbaik. Selain menyaksikan pagelaran seni, masyarakat juga dapat menikmati aneka kuliner yang tersedia di lapak-lapak sekitar Wisata Setren Opak.

Selama kegiatan berlangsung tim PPKO Koskma UNY juga mewawancarai salah seorang ketua Kesenian Jathilan Setyo Manggolo Mudho, yaitu Mak Tutik. "Dengan adanya pagelaran kesenian jathilan ini diharapkan masyarakat sekitar datang berkunjung untuk ikut serta memeriahkan dan nguri-uri kabudayan," ujarnya. Harapannya dengan adanya kegiatan ini banyak masyarakat yang berkunjung, sehingga mampu menghidupkan kembali Wisata Setren Opak yang sudah lama tidak beroperasi.