VISITASI AKREDITASI PRODI PJKR DAN IKOR OLEH BAN PT

Dalam rangka mempertahankan kualitas pendidikan yang unggul, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta menyambut kunjungan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada Senin hingga Selasa, 11-12 April 2016 di Gedung Pusat Layanan Akademik FIK UNY. Visitasi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi dan Program Studi Ilmu Keolahragaan FIK UNY dilakukan oleh Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd., Dr. Syahrudin, M.Kes., dan Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd. dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. didampingi Wakil Dekan I, II, III, Kajur, Sekjur, dan Penjaminan Mutu FIK UNY menyambut ketiga asesor tersebut dengan menjelaskan kondisi FIK UNY dari SDM yang ada, sarana dan prasarana pembelajaran yang dimiliki, kondisi kemahasiswaan dan prestasi mahasiswa, hingga jalur masuk dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa. Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd. mewakili asesor mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan Fakultas llmu Keolahragaan UNY dan menyatakan bahwa seluruh komponen penilaian dari standar 1 hingga standar 7 akan dilaksanakan sesuai 'standard operational procedure' (SOP) sesuai ketentuan. Selain itu, ketiga asesor tersebut berkomitmen untuk melakukan penilaian dengan akurat dan tepat didukung dengan klarifikasi dan dokumen yang terkait. Tahap penlitaian terhadap borang dan atau portofolio program studi maupun institusi yang disampaikan beserta lampiran-lampirannya melalui pengkajian 'desk evaluation' atau pengkajian langsung di atas meja. Setelah itu, penilaian di lapangan (visitasi) untuk validasi dan verifikasi hasil 'desk evaluation' atau penilaian di program studi/ institusi dalam hal ini Prodi PJKR dan Ikor FIK UNY.

Saat ini Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi bersama dengan Program Studi Ilmu Keolahragaan sedang berusaha mempertahankan status Akreditasi 'A' dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang berakhir tahun ini. Sementara itu, Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga saat ini terakreditasi 'A' dam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani (PGSD Penjas) terakreditasi 'B' dari BAN PT. (SP27)