DIES FIK Ke-69 DIRAYAKAN DENGAN KESEDERHANAAN DITENGAH PANDEMI COVID-19

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta merayakan Dies Natalis tahun ini  pada 1 Oktober 2020. Puncak perayaannya adalah Upacara Dies Natalis ke-69 yang bertempat di Gedung GPLA, Karena protokol kesehatan Covid-19 melarang banyak orang berkumpul pada satu acara maka hanya pimpinan fakultas, beberapa panitia dan perwakilan purna tugas yang hadir melaksanakan upacara secara luring, sedangkan dosen, tendik, mahasiswa dan mitra kerja  menyaksikan acara ini secara daring via Zoom meeting dan Live Streaming Youtube Channel FIK UNY.

Pembicara Dies Natalis kali ini, Dr. R. Isnanta, M.Pd., beliau adalah Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora RI, yang juga alumni FPOK, FIK UNY. Dalam orasinya yang dihadiri secara daring, Isnanta mengungkapkan ada 5 permasalahan dalam Sport Science yang ada di Indonesia, yaitu dalam hal pemanfaatan IPTEK Olahraga, dimana belum update terhadap kondisi dalam pelatihan maupun manajemen. Kedua adalah big data analysis, dimana belum optimalnya sistem informasi keolahragaan, termasuk belum adanya data anlisis untuk mendeteksi bakat olahraga dan analisa perkembangan prestasinya. Ketiga yaitu tata kelola atau manajemen, dimana perlunya perombakan total karena belum mampu menggerakkan potensi mulai dari tingkat kabupaten/ kota, provinsi hingga nasional. Keempat pemanduan bakat, dimana banyaknya penduduk, namun manajemen pemanduan bakat belum optimal. Terakhir, belum terintegrasinya stakeholder disegala lini.

Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam acara tersebut menyampaikan laporan tahunan Dekan selama periode Oktober 2019 hingga Oktober 2020. Dalam paparannya, beliau menyampaikan Visi FIK yang berlandaskan SPORTIF (Simpatik, Profesional, Optimis, Rasional, Takwa, Inovatif dan futuristik) sejalan dengan visi UNY. Dalam hal kelembagaan, FIK juga telah mulai melaksanakan perkuliahan S2 dan S3 yang sejak 31 Agustus 2020 lalu terintegrasi di FIK UNY, dan kedepannya akan membuka program sarjana terapan di kampus Wates dan Gunungkidul. Sedangkan dalam hal publikasi, FIK juga telah menerbitkan 4 Jurnal dalam bidang olahraga, 1 Jurnal yang diterbitkan kembali karena sempat terhenti dan 1 jurnal lagi yang masih dalam proses penerbitan baru. Dalam hal animo, tahun 2020, meskipun dalam masa pandemi, FIK UNY ternyata masih menjadi andalan, dengan dibuktikan animo mahasiswa yang mendaftar di berbagai jurusan di FIK meningkat secara drastis, baik S1, S2 maupun S3. Jumlah penerima beasiswa di FIK pun tidak bisa dibilang sedikit, pada tahun 2020 ini, sebanyak 508 mahasiswa FIK menerima beasiswa. Mahasiswa berprestasi juga menduduki peringkat I UNY, totalnya mencapai 448 mahasiswa yang tersebar di berbagai organisasi mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa di UNY, mereka bersaing baik di tingkat daerah, nasional, regional maupun internasional.

Upacara Dies Natalis ke-69 FIK UNY ditutup dengan sambutan dari PLT Rektor UNY, yaitu Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A., dalam kesempatan tersebut, beliau mengatakan bahwa Fakultas Ilmu Keolahragaan adalah salah satu dari 7 Fakultas di UNY yang siap menerima integrasi dari Pascasarjana UNY menuju Pascasarjana FIK UNY, dimana FIK telah siap secara SDM maupun sarana prasarana untuk menerima 3 Prodi Program Magister dan 1 Prodi Program Doktor. Dikatakan juga, FIK UNY menjadi referensi dari Fakultas lain dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dengan banyaknya Lektor Kepala dan Guru Besar, bahkan saat ini, FIK UNY juga sedang menunggu SK Guru Besar untuk beberapa Dosen FIK.  (PD)